Kompetensi Utama

Layanan


Pemkab Siak Kucurkan Rp 1 Miliar di Festival Gerhana Matahari Cincin
Penulis : Ferry Anthony • Media : kitakini.news • 05 Dec 2019 • Dibaca : 1493 x ,

Kitakini news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Riau, menyiapkan dana Rp 1 miliar untuk fenomena alam gerhana matahari cincin yang diprediksi terjadi 26 Desember 2019 mendatang. Dana tersebut digunakan untuk festival Gerhana Matahari Cincin (GMC), 24 hingga 26 Desember mendatang.

Bupati Siak, Alfedri kepada Kitakini News Kamis (05/12/19), mengatakan, Kabupaten Siak menjadi tempat diselenggarakannya festival GMC. Kabupaten tersebut dianggap sebagai lokasi ideal untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Kegiatan tersebut digelar bekerjasama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN).

Menyongsong GMC yang hanya terjadi dalam kurun waktu 300 tahun sekali, Pemkab Siak akan menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar guna menyukseskan acara tersebut.

“Selama festival, akan ada planetarium, Bimtek (bimbingan teknik) komunikasi satelit LAPAN A2/ORARI. Talkshow seputar fenomena gerhana matahari cincin, pameran hasil litbang (penelitian dan pengembangan) LAPAN, dan sosialisasi ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi,” ujarnya.

Dia mengatakan, LAPAN bersama Kemristekdikti akan mengadakan workshop teropong lubang jarum, pameran fotografi gerhana matahari, dan kamera obscura.

“Tahun ini titik sempurna di mana GMC ini dapat dilihat ada di kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak,” ujarnya.

Sebagai daerah yang dilintasi gerhana matahari cincin, Pemkab Siak beberapa waktu lalu sudah melakukan grand launching pada 15 Februari lalu. Acara dilaksanakan di Pusat Pengamatan di Lapangan Bola Kampung Bunsur, Selat Lalang Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Festival Gerhana Matahari Cincin Dinilai Punya Manfaat Besar
Menurut Alfredi, dana yang digelontorkan sebesar Rp 1 miliar itu wajar, mengingat akan mendatangkan manfaat yang besar bagi masyarakat Siak.

“GMC ini momentum yang sangat langka dan luar biasa, melalui GMC ini bagaimana bisa dikenal secara luas. Serta mendatangkan manfaat baik bagi daerah maupun bagi masyarakat, sehingga Siak dikenal orang. Dana yang kita siapkan sebesar Rp 1 miliar itu, wajarlah,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, melalui momentum GMC, kata Alfedri, pihaknya ingin mengenalkan pariwisata Siak. Hal ini sesuai dengan visinya yang ingin menjadikan Siak sebagai pusat pariwisata yang maju di pulau Sumatera dengan slogan tagline ‘Siak the truly Malay’.

“Saat ini, kami sudah memiliki tagline tetap ‘Siak the truly Malay’. Dengan ini kami mempromosikan Siak baik lokal maupun mancanegara. Harapan kami melalui momen ini kita bersama-sama menggaungkan GMC ini,” ucapnya.

Menurutnya, dana Rp 1 miliar tersebut termasuk biaya kegiatan yang akan dilaksanakan. Sosialisasi kepada Siswa SMA dan masyarakat juga masuk dalam anggaran terkait fenomena alam itu. Lomba fotografi, melukis dan pameran. Salat gerhana dan tausiah serta hiburan seperti nonton film juga menjadi bagian dari even tersebut.

Bupati Siak berharap festival ini nantinya akan mengedukasi masyarakat tentang fenomena alam gerhana matahari cincin.

“Setiap agenda direncanakan dengan matang agar acara berjalan sukses dan memenuhi target kita,” ujarnya.

Kontributor : Ferry Anthony




Sumber: https://kitakini.news/47904/pemkab-siak-kucurkan-rp-1-miliar-di-festival-gerhana-matahari-cincin/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL