Kompetensi Utama

Layanan


Mendekati Tahun Baru, Indonesia Bisa Jadi Saksi Gerhana Matahari Cincin, Catat Waktunya!
Penulis : Redaksi • Media : wartaekonomi.co.id • 06 Dec 2019 • Dibaca : 438 x ,

Jelang tahun baru, Indonesia bakal mengalami Gerhana Matahari Cincin (GMC), khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah barat. GMC akan terjadi saat bulan berada sejajar dengan Bumi dan Matahari.

Peristiwa alam itu terjadi pada 26 Desember mendatang di beberapa wilayah saja. GMC diperkirakan dimulai pada 12.15 WIB, dengan puncak peristiwa pada 12.17 WIB dan berakhir pada 12.19 WIB.Jelang tahun baru, Indonesia bakal mengalami Gerhana Matahari Cincin (GMC), khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah barat. GMC akan terjadi saat bulan berada sejajar dengan Bumi dan Matahari.

Peristiwa alam itu terjadi pada 26 Desember mendatang di beberapa wilayah saja. GMC diperkirakan dimulai pada 12.15 WIB, dengan puncak peristiwa pada 12.17 WIB dan berakhir pada 12.19 WIB.

"GMC hanya di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di wilayah Indonesia lainnya hanya gerhana Matahari sebagian sekitar tengah hari. Tiap kota waktunya berbeda-beda," tulis Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin.

Wilayah itu meliputi Sibolga, Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, dan Pulau Rangsang.

Sementara itu, Batam dan Tanjung Pinang juga masuk ke dalam 'jangkauan' GMC, begitu pula Singkawang di Kalimantan Barat, Makulit dan Tanjung Selor di Kalimantan Utara, serta Berau di Kalimantan Timur.

Namun demikian, lokasi terbaik untuk menyaksikan peristiwa pada penghujung Desember itu ada di Siak, Riau.

LINK:
https://www.wartaekonomi.co.id/read260145/mendekati-tahun-baru-indonesia-bisa-jadi-saksi-gerhana-matahari-cincin-catat-waktunya.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL