Kompetensi Utama

Layanan


Aplikasi WBS Wujudkan Integritas LAPAN Lakukan Fungsi Pengawasan
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 20 Dec 2019 • Dibaca : 236 x ,

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, didampingi para pimpinan LAPAN, mengusap layar peresmian Aplikasi WBS yang berlangsung secara seremonial di Kantor Inspektorat, Pekayon, Jakarta Timur.

Jumat (20/12) berlangsung sosialisasi dan peluncuran aplikasi Whistle Blowing System (WBS) di Kantor Inspektorat, Pekayon, Jakarta Timur. Di dalam rangkaian acara ini sekaligus dilaksanakan peresmian Gedung Joglo Inspektorat. Seremoni kegiatan dihadiri oleh jajaran pimpinan, pegawai, dan tamu undangan mitra kerja sama Inspektorat LAPAN.

WBS merupakan sebuah sistem informasi yang menyajikan inovasi layanan pengaduan masyarakat dalam bentuk aplikasi. Wadah ini dibangun berdasarkan Peraturan LAPAN Nomor 20 Tahun 2015 tentang pengaduan masyarakat. Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dalam sambutannya menyampaikan, wadah tersebut untuk memperbaiki tata kelola yang baik dan mendorong terwujudnya tatanan pemerintahan yang baik (Good Government), yang tentu saja dibangun dengan integritas tinggi para pegawainya.

Thomas mengatakan, sistem ini dikelola juga untuk mewujudkan visi dan misi LAPAN yang pada periode 2020-2024 ditetapkan sebagai instansi penggerak sektor pembanguann antariksa yang maju dan mandiri. “Untuk itu, integritas menjadi salah satu sistem nilai yang dijunjung, di antara lima sistem yaitu Berorientasi pada pengguna, Akuntabilitas, Integritas, Inovatif, dan Kolaboratif, biasa disingkat BAIIK,” paparnya.

Di sela-sela sambutannya, ia juga mengarahkan agar fungsi pengawasan tidak sekadar pengawasan terhadap keuangan dan BMN saja, namun juga kinerja. “Walaupun belum bisa secara menyeluruh, akan tetapi dengan sistem yang dikembangkan, maka pelaksanaan audit bisa lebih mudah dilakukan,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya WBS tersebut, semua pihak bisa melaporkan terkait penyimpangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai dan pimpinan LAPAN. Sistem ini mempunyai jargon, yaitu “Lapor, Ingat Kode, dan Pantau”. Sebab sistem ini sebagai peluit atau peringatan terhadap tindakan penyimpangan maupun pelanggaran.

WBS ini sebagai salah satu komponen menuju pengembangan zona integritas yang dibangun dalam upaya memperkuat reformasi birokrasi di LAPAN yang bisa dimanfaatkan oleh semua pihak. Peluncuran WBS juga diselenggarakan untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember.

Rangkaian acara kegiatan ini diawali dengan laporan pelaksanaan pengawasan internal LAPAN oleh Inspektur, Ratih Pratiwi yang dilanjutkan dengan pemaparan Aplikasi WBS oleh Kasubbag TU Inspektorat, Titalinda Dwi Permata. Adapun kegiatan peluncuran ditandai dengan peluncuran secara simbolik dengan pengusapan layar peresmian oleh Kepala LAPAN yang kemudian melakukan pengguntingan pita, tanda tangan prasasti, dan pemotongan tumpeng peresmian Gedung Joglo.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL