Kompetensi Utama

Layanan


Gerhana Matahari Cincin, LAPAN Edukasi Masyarakat di Kabupaten Siak
Penulis Berita : Humas/RZ • Fotografer : Humas/RZ/ZZ • 27 Dec 2019 • Dibaca : 1180 x ,

Antusiasme masyarakat RIau saat Gerhana Matahari Cincin (GMC)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak selenggarakan festival gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur, Sungai Apif, Riau, Rabu (26/12). Berbagai kegiatan yang dilakukan antara lain pengamatan dan edukasi keantariksaan, LAPAN juga berkolaborasi dengan astronom lokal, komunitas astronomi, dan beberapa peeguruan tinggi untuk melihat pengaruh fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) ke Bumi. Sedangkan untuk kegiatan edukasi keantariksaan, LAPAN  menghadirkan mini planetarium, talkshow seputar fenomena GMC, pameran hasil litbang LAPAN, pemutaran film sains dan sosialisasi ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi.

LAPAN membawa 3 (tiga) teleskop matahari yang digunakan untuk melakukan pengamatan, cuaca yang begitu cerah juga memudahkan pengamatan sehingga gambar yang dihasilkan juga sangat baik. Sebelumnya LAPAN juga telah mengedukasi masyarakat sekitar agar memanfaatkan kaca mata atau filter khusus matahari untuk mengamati gerhana tersebut. Selain itu masyarakat sekitar juga diajak untuk mengenal LAPAN lebih jauh dengan mereka  berkunjung ke booth LAPAN yang menampilkan berbagai capaian LAPAN seperti Satelit, LAPAN SUrveillance UAV (LSU), Roket, serta infografis seputar dunia sains antariksa.

Kabupaten Siak, Provinsi Riau ini menjadi lokasi yang paling ideal untuk menyaksikan fenomena alam tesebut. GMC dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Hampir 10.000 orang hadir di Lapangan Bola, Sungai Apit, Siak ini. Mereka begitu antusias menyaksikan fenomena alam yang langka ini. GMC ini terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

Dalam festival ini terjadi pemecahan rekor MURI untuk kaca mata gerhana terbesar. Berbagai rangkaian kegiatan lainnya adalah  sholat gerhana berjamaah, tabligh akbar, bazar, dan pertunjukan musik. Selain di Kabupaten Siak, masyarakat Indonesia juga mengamati momen GMC yang berbentuk lingkaran menyerupai cincin itu  di wilayah-wilayah tertentu misalnya di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, Kalimantan utara, dan Kalimantan Timur.

Sementara Gerhana Matahari Sebagian (GMS) bisa terlihat dari seluruh wilayah Indonesia, tergantung lokasi pengamatan misalnya di daerah Sumatera Selatan mencapai 80% sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70-80%. Untuk wilayah lain di Indonesia terlihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20% di wilayah selatan Papua. Misalnya untuk di Bandung, bulan menutupi 70% permukaan matahari. Di Jakarta gerhananya mencapai sekitar 72%. semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL