Kompetensi Utama

Layanan


Refleksi Capaian LAPAN 2019
Penulis Berita : Humas/TDjamal • Fotografer : Humas • 31 Dec 2019 • Dibaca : 1499 x ,

Logo Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

Visi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) 2015-2019 menjadi “Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Mandiri” akhirnya tercapai dengan kerja keras seluruh pegawai LAPAN dan sinergi dengan berbagai mitra nasional dan internasional. Hal itu bila kita merujuk ditetapkannya semua pusat teknis yang menjalankan 7 program utama LAPAN sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) pada akhir 2019 ini.

Upaya yang dilakukan adalah membenahi tata kelola organisasi dengan Program Besar Reformasi Birokrasi serta peningkatan kompetensi dan layanan dengan tujuh Program Utama. Tujuh Program Utama LAPAN adalah

1- Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional,

2- Pengembangan Sistem Pemantau Bumi Nasional,

3- Pengembangan Teknologi Satelit,

4- Pengembangan Teknologi Aeronotika,

5- Pengembangan Teknologi Roket,

6- Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dinamika Atmosfer Ekuator, dan

7- Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Cuaca Antariksa).

Refleksi Capaian LAPAN 2015 , Refleksi Capaian LAPAN 2016-2017, Refleksi Capaian LAPAN 2018, dan Refleksi Capaian LAPAN 2019 ini adalah suatu rangkaian catatan yang merupakan apresiasi kepada semua pegawai LAPAN untuk membangun kepercayaan diri dan semangat kerja, tanpa melupakan hal-hal yang harus terus dibenahi.

  • LAPAN memperoleh Opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 2018.
Sertifikat penghargaan WTP diberikan oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Prof Mardiasmo kepada Sekretaris Utama LAPAN, Prof Erna Sri Adiningsih

  • Indeks Reformasi Birokrasi LAPAN naik dari 75,92 (2017) menjadi 76,12 (2018). Upaya pembenahan tata kelola dan peningkatan kinerja dalam rangka Reformasi Birokrasi terus dilanjutkan.
  • Juli 2019: LSU-02 NGLD (LAPAN Surveillance UAV-02 Next Generation Low Drag) sukses meraih Rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), dengan kategori “Pesawat Tanpa Awak (UAV) Terbang Menempuh Jarak Terjauh. Dengan mengambil lepas landas/ terbang dari LANUD TNI AU Cikelet, Pameungpeuk, Garut pada pukul 11.38 WIB, pesawat LSU-02 NGLD terbang ke arah barat menuju Pantai Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, dan berhasil mendarat kembali pada pukul 15.40 WIB di titik awal terbang. Dengan kecepatan rata-rata terbang 100 km/jam dan dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut, pesawat ini mampu terbang sejauh 405 Km pergi pulang.
LSU-02 NGLD membuat rekor terbang autonomous terjauh 405 km

  • LAPAN naik peringkat menjadi peringkat 2 di Webometrik lembaga riset di Indonesia.
LAPAN menduduki peringkat 2 Webometrik lembaga riset di Indonesia.

  • LAPAN sebagai Regional Support Office mendapatkan penghargaan dari UN SPIDER sebagai Main Contributor dalam kegiatan penanggulangan bencana berbasis keantariksaan.
Penghargaan UN SPIDER kepada LAPAN sebagai Regional Support Office.

  • Gedung Pusat Sains Antariksa LAPAN mendapat Penghargaan Harapan 2 Gedung Pemerintah Hemat Energi dan Air dari Menteri ESDM.
Menteri ESDM bersama para pemenang anugerah.

  • LAPAN memperoleh Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan predikat Badan Publik “Informatif” pada Kategori Badan Publik Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LN/LPNK). Anugerah KIP diserahkan Wakil Presiden RI.
Wapres menyerahkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik kepada Kepala LAPAN

  • LAPAN menandatangani perjanjian lisensi komersialisasi ZAP 2.0 antara Pusfatja dengan PT Media Rekayasa Lintas (PR Marlin) dalam pemanfaatan informasi zona potensi penangkapan ikan.

  • LAPAN menandatangani perjanjian lisensi dengan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) untuk komersialisasi Radar hujan Santanu.
Penandatanganan lisensi aplikasi zona potensi penangkapan ikan ZAP 2.0 antara LAPAN dan PT Marlin.

  • Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyerahkan SNI ISO/IEC 17025:2017 untuk Laboratorium Uji Material (Komposit) di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN.
Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait produk-produk litbang LAPAN.

  • Penetapan SNI 8804:2019 = Sistem Keantariksaan – Satelit kubus
    Penetapan SNI ISO 14620-1:2018 = Sistem Keantariksaan – Persyaratan keselamatan – Bagian 1: Keselamatan sistem
    Penetapan SNI ISO 24113:2011 = Sistem Keantariksaan – Persyaratan mitigasi sampah antariksa
    Penetapan SNI 8829:2019 = Radar hujan
  • LAPAN melalui Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) meraih Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dengan predikat “Sangat Baik” dari Menpan RB. LAPAN berhasil masuk dalam 10 besar Kementerian dan Lembaga dengan Indeks  Pelayanan Publik tertinggi.
LAPAN memperoleh Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dengan predikat “Sangat Baik”.

  • Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) dan Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN ditetapkan menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI). Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN menerima Sertifikat Akreditasi Pranata Litbang yang diberikan oleh Komite Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). Dalam acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019. Lengkap sudah semua 7 Pusat Teknis ditetapkan sebagai PUI.
Pusat Sains Antariksa dan Pusat Teknologi Roket ditetapkan menjadi PUI. Lengkap sudah tujuh pusat teknis LAPAN menjadi PUI.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL