Kompetensi Utama

Layanan


Analisis Kondisi Atmosfer Penyebab Banjir di Jabodetabek 1 Januari 2020
Penulis Berita : Humas/EY • Fotografer : Humas/SGD/EY • 02 Jan 2020 • Dibaca : 1561 x ,

Sadewa LAPAN

Mengawali tahun baru 2020, hujan ekstrem dan persisten turun di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat data curah hujan tertinggi mencapai 377 mm di Stasiun Taman Mini, Jakarta Timur. Ini merupakan intensitas hujan harian tertinggi yang pernah direkam BMKG pada setiap kejadian banjir selama lebih dari dua dekade terakhir di Jakarta.

SADEWA atau Satellite-Based Disaster Early Warning System merupakan Decission Support System (DSS) yang dikembangkan oleh Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN. SADEWA menyajikan informasi berbasis pengamatan termasuk liputan awan dari satelit Himawari-8 dan prediksi parameter atmosfer seperti curah hujan, angin, suhu, kelembapan, dan sebaginya.

Berdasarkan pantauan Satelit Himawari, sel konveksi yang tumbuh menjadi sistem konvektif skala meso (MCC) terbentuk di sekitar Selat Karimata sejak pagi pada tanggal 31 Desember 2019. Pembentukan MCC di wilayah tersebut bersamaan dengan pembentukan CENS di wilayah yang sama. Untuk diketahui, CENS merupakan fenomena meteorologis berupa aliran angin permukaan yang sangat kuat melintasi ekuator atau selanjutnya disebut dengan Cross-Equatorial Northerly Surge (CENS).

Aktivitas CENS yang menguat terus terjadi hingga sore hari pukul 15.00 WIB, dan secara cepat membuat MCC tersebut bermigrasi ke Laut Jawa. Selain berpindah, pertumbuhan sel-sel konveksi yang baru juga terjadi sangat intens dan meluas meliputi seluruh Laut Jawa. Kondisi ini telah memicu pembentukan hujan ekstrem yang mencapai maksimum pada tengah malam hingga dini hari di atas pantai utara Jawa Barat. Aktivitas CENS dan hujan ekstrem pada dini hari di utara Jawa Barat tersebut dapat diprediksi melalui SADEWA LAPAN.

Keterangan gambar:
(a) Liputan awan dari Satelit Himawari-8 sejak pukul 15.00 WIB pada 31 Desember 2019;
(b) prediksi hujan dari SADEWA dari pukul 22.00 WIB pada 31 Desember 2019;
(c) prediksi hujan dan angin monsun yang diperkuat oleh fenomena CENS pada 31 Desember 2019 pukul 21.00 WIB (atas) dan 1 Januari 2020 pukul 02.00 WIB (bawah)



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL