Penginderaan Jauh, Data Penting Perencanaan Tata Ruang Kabupaten dan Kota di Indonesia
Penulis Berita: F, Fotografer: , Tanggal: 26 Nov 2014

RADAR-INDO.COM, JAKARTA - Penginderaan jauh satelit sangat penting bagi perencanaan pembangunan karena teknologi ini mampu merekam perubahan di suatu wilayah. Untuk itulah, Lapan melakukan Sosialisasi dan Lokakarya Peningkatan Peran Lapan dalam Penyediaan Data dan Informasi Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Tata Ruang dan Kemaritiman.

Even ini diselenggarakan Selasa, (25/11) bertempat di Ruang Training Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lapan, Jl. Lapan No. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710.

Lapan terus meningkatkan diri memberi pelayanan dan penyediaan data penginderaan jauh. Hal ini diperkuat dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan yang telah meningkatkan peran Lapan sebagai penyedia data penginderaan jauh bagi Kementerian dan atau Lembaga, TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah.

"Data-data penginderaan jauh tersebut sangat bermanfaat untuk menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kabupaten dan kota. Bahkan, penginderaan jauh menjadi salah satu data yang penting digunakan dalam penyusunan rencana tata ruang tersebut." Ujar Humas LAPAN, Ir. Jasyanto, MM dalam pres rilis yang disampaikan ke Redaksi Radar Indonesia News, Selasa (25/11)

Menurutnya, fungsi penginderaan jauh ini sejalan dengan visi Presiden RI untuk menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional. Penginderaan jauh tambahnya, dapat berperan memberikan informasi terkait potensi sumber daya maritim, seperti perencanaan pembangunan pelabuhan serta infrastruktur terkait dan untuk perencanaan tata ruang pesisir.

Sosialisasi mengenai penginderaan jauh ini bertujuan meningkatkan pemahaman Kementerian atau Lembaga dan pemerintah daerah dalam penyusunan RTRW/RDTR/RTR pesisir. Dengan demikian, kemampuan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam mengolah dan menganalisis informasi guna menyusun dan merencanakan tata ruang akan meningkat./F

Sumber :
http://www.radar-indo.com/2014/11/penginderaan-jauh-data-penting_25.html