Pusat Teknologi Penerbangan : Inilah hasil penelitian Lapan soal keantariksaan nasional
Penulis Berita: Mohammad Ridwan, Fotografer: , Tanggal: 28 Nov 2014

LENSAINDONESIA: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar public open house bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengetahui hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan lembaga yang berdiri sejak tahun 1963 ini.

Ir.Jasyanto selaku kepala bagian hubungan masyarakat Lapan mengatakan kegiatan open house ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Lapan dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat rencana induk keantariksaan nasional.


“Masyarakat dapat mengikuti tur edukasi ke laboratoriumuji pesawat terbang dan stasiun bumi, mengikuti workshop roket air dan uji cobasederhana mengenai sains antariksa,” ujar Jasyanto kepada Lensaindonesia.com di Kantor Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Cisauk, Tangerang, Kamis (27/11/2014).

Berbagai hasil penelitian dan pengembangan Lapan dapat dilihat langsung masyarakat, seperti di bidang penerbangan dapat menyaksikan pesawat N219 untuk kebutuhan transportasi di pulau-pulau kecil nusantara. Dibidang teknologi satelit, masyarakat dapat menyaksikan satelit Lapan A-2 yang memiliki muatan automatic identification system (AIS) yang mampu mengindentikasikan ribuan kapal di perairan Indonesia, dan dapat menyaksikan satelit Sadewa (satelit early warning system) untuk kebutuhan informasi cuacaekstrem yang dapat bermanfaat bagi aktifitas di laut.

“Kami juga memiliki data satelit penginderaan jauh yangberguna untuk menentukan zona potensi pemanfaatan ikan sehingga mempermudah para nelayan Indonesia mencari ikan di laut, dan mempermudah aparat keamanan dalam pemantauan laut dan wilayah pesisir serta pengawasan pulau-pulau terluar,” jelas Jasyanto.

Sumber :
http://www.lensaindonesia.com/2014/11/28/inilah-hasil-penelitian-lembaga-penelitian-dan-antariksa-nasional.html