Menristekdikti Dorong Pengembangan Satelit Lapan
Penulis Berita: R-15/R-8, Fotografer: , Tanggal: 10 Dec 2014

[JAKARTA] Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mendorong Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam empat tahun mendatang Indonesia bisa meluncurkan satelit sendiri yakni satelit untuk penginderaan jauh dan telekomunikasi.

Untuk mencapai hal itu, Menristekdikti mengingatkan anggaran untuk pengembangan keantariksaan apakah itu untuk telekomunikasi atau pun penginderaan jauh harus berbasis output.

"Berapa cost yang harus dikeluarkan dalam lima tahun ke depan. Untuk meluncurkan satelit tersebut mampukah kita hasilkan roket misalnya, berapa biayanya," katanya di sela-sela Seminar Nasional Penerbangan dan Antariksa 2014, di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (10/12).

Saat ini ditambahkannya, penghematan anggaran yang dilakukan akan dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif bagi masyarakat. Untuk riset tentu didorong untuk mewujudkannya asalkan bisa dimanfaatkan masyarakat.

Menristekdikti pun meminta Lapan untuk memproyeksikan anggaran terkait pengembangan satelit tersebut. Sehingga diketahui manfaatnya bagi masyarakat, lembaga dan keuntungannya harus dihitung secara matematis.

Hal lain yang perlu dihitung terkait asuransi jika terjadi kegagalan peluncuran satelit selain teknologi-teknologi lainnya. [R-15/L-8]

Sumber :
http://sp.beritasatu.com/home/menristekdikti-dorong-pengembangan-satelit-lapan/71464