Mahasiswa Belajar Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penerbangan di Lapan
Penulis Berita: Humas/AP, Fotografer: Humas/AP, Tanggal: 06 Apr 2015

Sebanyak 50 mahasiswa dan dua dosen pembimbing Sekolah Tinggi Teknologi (STTA) Adisutjipto mengunjungi Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Rumpin, Senin (06/04). Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai Lapan dan aplikasi ilmu yang mereka pelajari di kampus dalam bidang teknologi penerbangan.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Propulsi Pustekbang, Agus Bayu Utama berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami teknologi penerbangan Lapan beserta hasil penelitian dan pengembangannya seperti LSU 01-06, LSA, dan pesawat N219.

Dalam kunjungan ini, Firmanullah dari Biro Kerjasama dan Humas menjelaskan mengenai perjalanan kelembagaan Lapan. Ia memaparkan mengenai sejarah terbentuknya Lapan, kompetensi utama Lapan, akses informasi kedirgantaraan, dan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Undang-undang tersebut merupakan payung hukum kegiatan keantariksaan di Indonesia yang meliputi penelitian dan pengembangan di bidang sains antariksa, penginderaan jauh, penguasaan teknologi penerbangan dan keantariksaan.

Dalam kunjungan ini mahasiswa STT Adisutjipto diajak untuk mengunjungi laboratorium milik Pustekbang yaitu laboratorium aerostruktur, aerodinamika, avionik, dan propulsi.