Kembali LAPAN Gelar Komurindo 2015
Penulis Berita: NN, Fotografer: , Tanggal: 06 Aug 2015

sinarpagi.net - Jakarta SP Minat masyarakat pada teknologi dan antariksa dinilai masih rendah. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengadakan lomba muatan roket yang diikuti mahasiswa di Pantai . Cilauteureun Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat,Masyarakat sekitar bisa menyaksikannya.

Stasiun Peluncuran Roket (Staspro) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Cilauteureun Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, dijadikan ajang final Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo), serta Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) bagi mahasiswa, Selasa (04/08-2015).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Jasyanto di Jakarta, Jumat mengatakan final kompetisi tersebut akan berlangsung 4 Agustus 2015 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan, Pameungpeuk, Garut.

Pada acara puncak tersebut, menurut dia, peserta Komurindo akan meluncurkan muatan roket dam roket EDF. Sementara itu peserta Kombat akan menerbangkan muatannya dengan menggunakan balon atmosfer.

Peserta kompetisi roket bermuatan tahun ini mendapat tantangan khusus. Roket berbahan propelan padat diluncurkan hingga ketinggian 2 kilometer lalu diminta mendaratkan muatan ke sasaran yang telah ditentukan. Tantangan tersebut menjadi tema kompetisi, yaitu "Attitude Monitoring and Surveillance Payload".

Selain membidik sasaran, peserta diwajibkan mengumpulkan informasi lintasan muatan satelit. Rangkaian elektronik yang ditanamkan di dalam muatan mampu mengumpulkan data telemetri lengkap. Data ini dipakai untuk dipresentasikan di depan dewan juri untuk dilihat akurasinya ujarnya

Pada lomba tersebut, payload ini akan dimuat dan diluncurkan dengan menggunakan sistem roket yang disiapkan oleh panitia. Ketika roket diluncurkan, pada ketinggian 600 m sistem payload akan terpisah secara otomatis dari sistem roket. Selain itu, pada saat yang sama sistem kamera pada payload dapat dikomandoi melalui telecommand peserta untuk mengambil gambar dan mengirimkannya ke daratan.Untuk hadiahnya, LAPAN menyiapkan Rp 10 juta untuk juara 1, Rp 8 juta untuk juara 2, Rp 6 juta untuk juara 3, Rp 4 juta untuk juara harapan dan Rp 2 juta untuk juara favorit.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2015, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Mapiptek mengadakan lomba penulisan dan foto iptek pada media massa. Temanya adalah Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa dan sub temanya adalah Inovasi Iptek di bidang Pangan, Energi dan Maritim. Rencananya, puncak peringatan Hakteknas pada 10 Agustus 2015.

Sumber : http://www.sinarpagi.net/berita-2300-kembali-lapan-gelar-komurindo-2015.html