Satelit LAPAN Jadi Kebanggaan Anak Bangsa
Penulis Berita: Dwi Murdaningsih, Fotografer: , Tanggal: 13 Aug 2015



REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjadwalkan peluncuran satelit terbaru besutan anak bangsa LAPAN-A2 pada September 2015 di India. Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menginformasikan, orbit ekuatorial satelit tersebut akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Satelit ini diharapkan juga bisa menumbuhkanrasa bangga akan hasil karya anak bangsa.

"Diharapkan, LAPAN-A2 bermanfaat secara optimal dan menumbuhkan rasa bangga akan hasil karya anak bangsa," ujar Thomas dalam sosialisasi pemanfaatan teknologi satelit LAPAN-A2 di IPB IIC, Bogor, Kamis (13/8).

Satelit ini akan melintas dengan orbit ekuatorial. Secara umum, cakupan misi satelit LAPAN-A2 adalah pengamatan permukaan bumi, pemantauan kapal laut, dan komunikasi amatir. Namun, kondisi orbit memungkinkan LAPAN-A2 melakukan pemantauan di seluruh wilayah darat dan laut Indonesia.

"Dengan orbit itu, LAPAN-A2 akan melintasi wilayah tanah air sebanyak 14 kali setiap hari," kata Thomas

Area pengamatan hingga ribuan kilometer dimungkinkan dengan Spaceborne Receiver Automatic Identification System. Sistem itu memungkinkan LAPAN-A2 melakukan pemantauan lalu lintas kapal, operasi keamanan laut, perikanan, dan eksplorasi sumber daya kelautan Indonesia.

Untuk pemantauan wilayah RI, satelit LAPAN-A2 membawa kamera analog dengan resolusi lima meter dan kamera digital dengan resolusi empat meter. Thomas melanjutkan, misi komunikasi amatir yang disematkan pada LAPAN-A2 bertujuan untuk komunikasi pada mitigasi bencana.

Sumber :
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/elektronika/15/08/13/nt0ffu368-satelit-lapan-jadi-kebanggaan-anak-bangsa