LAPAN Terima Penghargaan Pembina Arsip Negara Terbaik
Penulis Berita: Humas/ZAK, Fotografer: Dok. Humas LAPAN, Tanggal: 18 Aug 2015

LAPAN menerima penghargaan Pembina Arsip Negara Terbaik dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Senin (17/8). Penghargaan diterima oleh Sekretaris Utama LAPAN I.L. Arisdiyo pada acara seminar "Peranan Arsip dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” sekaligus malam Anugerah Kearsipan Tahun 2015 yang diselenggarakan ANRI di Jakarta.

“Pengelolaan kearsipan di LAPAN sangat penting, untuk itu kualitas sarana dan prasana kearsipan di LAPAN dan juga kualistas SDM terus ditingkatkan,” kata Arisdiyo setelah menerima penghargaan tersebut. Lebih lanjut, Arisdiyo menjelaskan bahwa di masa mendatang LAPAN akan memiliki gedung pusat arsip LAPAN yang lebih representatif sesuai dengan standar minimal gedung yang mengacu pada Peraturan Kepala ANRI Nomor 03 Tahun 2000.

Rencananya, gedung tersebut akan dibangun di area kantor LAPAN Rumpin dengan luas bangunan sekitar 1.400 meter persegi. Gedung akan terdiri dari dua lantai dengan konsep bangunan modern minimalis dan memiliki ciri khas hasil litbang LAPAN bidang teknologi penerbangan dan antariksa, seperti satelit, pesawat terbang atau roket.

Pada malam penganugerahan tersebut, ANRI juga memberi penghargaan yang sama kepada Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK), Sekretaris Jenderal DPR RI, Sekretaris Menteri, Sekretaris Negara dan Sekretaris Jenderal Depdikbud.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama ANRI Gina Masudah Husni menekankan arti penting arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintah dan pembangunan. “Selain itu, arsip juga penting sebagai bukti akuntabilitas kinerja aparatur, alat bukti sah di pengadilan, memori kolektif dan jati diri bangsa, seta sebagai barang bukti pertanggungjawaban nasional,” tambahnya.