Perpustakaan LAPAN Ikuti Festival Naskah Nusantara
Penulis Berita: Humas/YD, Fotografer: Humas/YD, Tanggal: 14 Sep 2015

Perpustakaan LAPAN mengikuti pameran Koleksi dan Layanan Jasa Perpustakaan. Materi pameran tersebut meliputi multiproduk yang berkaitan dengan pendidikan, teknologi informasi, dan kesehatan. Pametan yang berlangsung pada 14 hingga 17 September 2015 di Perpustakaan Nasional, Jakarta, tersebut dalam rangkaian peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Tema kegiatan tersebut yaitu Perpustakaan dan Warisan Budaya Bangsa.

Dalam pameran tersebut, LAPAN menampilkan berbagai informasi dan miniatur hasil penelitian dan pengembangan (litbang) ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa. Di bidang teknologi penerbangan dan , LAPAN menampilkan miniatur dan informasi mengenai satelit LAPAN-A1, LAPAN-A2, pesawat N219, LAPAN Surveillance Aircraft (LSA) dan LAPAN Surveillance UAV (LSU). LAPAN juga menampilkan informasi mengenai rencana pengembangan satelit selanjutnya, pemanfaatan LSU, dan roket.

Di bidang sains antariksa dan atmosfer, LAPAN menampilkan Satellite Disaster Early Warning System (SADEWA). Di bidang penginderaan jauh, LAPAN menampilkan informasi mengenai berbagai produk data satelit penginderaan jauh serta pemanfaatannya untuk mendukung pembangunan nasional. Dalam informasi yang dipaparkan, data penginderaan jauh tersebut digunakan antara lain untuk mendukung ketahanan pangan misalnya untuk pemantauan fase tanam padi dan memberikan informasi mengenai zona potensi penangkapan ikan. Data tersebut juga dimanfaatkan untuk mitigasi bencana alam.

Selain menampilkan berbagai hasil litbang, dalam pameran tersebut LAPAN juga menampilkan berbagai koleksi buku-buku referensi dan ensiklopedia dari perpustakaan LAPAN terkait ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa. Selain itu, LAPAN juga menampilkan jurnal dan majalah ilmiah yang diterbitkan LAPAN serta informasi mengenai perkembangan perpustakaan LAPAN. Melalui pameran ini, diharapkan perpustakaan dapat lebih berkontribusi dalam kegiatan pemasyarakatan perpustakaan, dokumentasi, dan informasi hasil litbang LAPAN.

Pameran Koleksi dan Layanan Jasa Perpustakaan tersebut diikuti oleh berbagai instansi baik lembaga pemerintah, BUMN, serta swasta. Selain pameran, kegiatan Festival Naskah Nusantara tersebut juga diisi dengan pertunjukan, perlombaan, seminar, dan workshop. Menurut Kepala Perpustakaan Nasional, Sri Sularsih, kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan partisipasi masuarakat dalam melestarikan naskah sebagai khasanan budaya bangsa.