Lapan : Misi Satelit Lapan-A2/Orari Berfungsi Baik
Penulis Berita: Ari Supriyanti Rikin/IDS, Fotografer: , Tanggal: 23 Nov 2015

Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan setelah hampir dua bulan mengorbit, misi Satelit Lapan-A2/Orari yang diluncurkan 28 September 2015 berfungsi dengan baik.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan mengorbitnya Satelit Lapan-A2/Orari ini menunjukkan kemapanan dan kemandirian Indonesia dalam penguasaan teknologi satelit.

"Meskipun ini satelit mikro, istimewanya adalah adanya kemandirian teknologi satelit yang misinya bisa kita tentukan sendiri," katanya dalam talkshow "Kemajuan dan Hasil Pengujian Lapan-A2" di kantor Lapan, Rawamangun, Jakarta, Senin (23/11).

Satelit Lapan-A2 ini membawa misi komunikasi amatir, pemantauan kapal laut dan pengamatan bumi. Satelit ini diluncurkan dari Shriharikota India dengan menumpang roket PSLT C30 milik India yang muatan utamanya satelit Astrosat.

Thomas menambahkan sebelumnya Lapan pun telah meluncurkan Lapan-A1 untuk pemantauan wilayah. Sedangkan Lapan-A2 misinya ditambah dengan pemantauan kapal juga radio amatir yang mengorbit di ekuatorial.

Dalam sehari Satelit Lapan-A2 bisa melewati wilayah Indonesia selama 14 kali. Ketika terjadi bencana, lanjut Thomas, saat komunikasi konvensional terganggu, satelit radio amatir ini akan berfungsi.

Thomas menjelaskan terkait sistem pemantauan kapal, Lapan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Prinsipnya dengan data automatic identification system (AIS) diindentifikasi kapal ilegal fishing atau tidak yang dipantau 14 kali sehari. Kapal bisa dicurigai pencuri ikan dengan sifat khususnya," ucap Thomas.

Menurutnya jika kapal bergerak zigzag atau ada manuver, bisa diketahui dan diindentifikasi. Sebab kapal pencari ikan harus ada izin terutama kapal-kapal besar.

Thomas berpandangan di era saat ini ada dua teknologi yang mengikat manusia modern yakni teknologi antariksa dan informasi.

"Penguasaan teknologi satelit mutlak kita kuasa. Jangan kita bilang bangsa mandiri, kalau satelit tidak kita kuasai," katanya.

Sumber :
http://www.beritasatu.com/kesra/324165-lapan-misi-satelit-lapana2orari-berfungsi-baik.html