Bangga! Pesawat N219 Dirancang Indonesia Tanpa Campur Tangan Asing
Penulis Berita: bbn/hri, Fotografer: , Tanggal: 10 Dec 2015

Bandung - Pesawat N219 resmi diperkenalkan kepada publik secara utuh. Pesawat tersebut seratus persen hasil rancang anak bangsa Indonesia tanpa campur tangan pihak asing.

N219 dikembangkan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). "N219 dikembangkan insinyur-insinyur atau putra-putri Indonesia. Tidak ada seorang pun konsultan asing di dalamnya," ucap Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin.

Pernyataan itu disampaikan Thomas saat memberikan sambutan dalam acara penampilan perdana N219 di PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12/2015).

Pesawat N219 buatan anak bangsa (Foto: Baban/detikcom)
Seremoni roll out atau N219 keluar hanggar untuk pertama kalinya ini disaksikan langsung Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, MenPAN RB Yuddy Chrisnandi, KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Para pejabat tersebut membasahi bagian moncong pesawat dengan air dan setelah itu memecahkan kendi ke lantai.

Indonesia patut bangga lantaran mampu membuat pesawat berkualitas. N219 berkapasitas 19 penumpang yang memiliki dua mesin turboprop.

"Pesawat ini rancang bangunnya modern. Digambar secara digital sehingga akurat," ujar Thomas.