Ini Pesawat N219, Karya Anak Bangsa yang Siap Menghubungkan Nusantara
Penulis Berita: bbn/mad, Fotografer: , Tanggal: 10 Dec 2015

Bandung - Pesawat N219 karya PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) resmi diperkenalkan kepada publik secara utuh. Kehadiran N219 sebagai bukti bangkitnya kembali industri pesawat terbang nasional.

Penampilan perdana pesawat terbang berkapasitas 19 penumpang ini disaksikan langsung Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan dan sejumlah pejabat negara lainnya di hanggar N219 PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/11/2015).

Pesawat angkut ringan dengan dua mesin turboprop ini dapat beroperasi di daerah penerbangan perintis. Semua pihak patut bangga lantaran N219 dirancang bangun oleh putra putri Indonesia.

"N219 Menjadi tonggak sejarah. Setelah N250 menjadi kebangkitan teknologi nasional, sekarang N219 sebagai pertanda kebangkitan kembali teknologi penerbangan nasional," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat memberikan sambutan.
Foto: Baban/detikcom

Dia menyebutkan N219 bertujuan untuk membangun kemandirian industri pesawat terbang. Selain itu guna membangun sumber daya manusia yang kuat serta menguasai teknologi penerbangan mulai dari rancang bangun, proses sertifikasi, hingga produksi.

"N219 Simbol kemandirian teknologi. Ini bukti kita mampu membuat teknologi tinggi," ucap Thomas.

Selain untuk penumpang, pesawat ini cocok digunakan dalam patroli maritim. N219 memiliki kabin terluas di kelasnya sehingga bisa mengevakuasi orang berkondisi sakit atau perlu pertolongan darurat.

Acara seremoni roll out atau N219 keluar hanggar untuk pertama kali disaksikan langsung Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, MenPANRB Yuddy Chrisnandi, KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan juga Dirut PT DI Budi Santoso.