Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN Raih Sertifikat ISO 9001 : 2008
Penulis Berita: Humas/Sgd, Fotografer: Humas/Sgd, Tanggal: 17 Dec 2015

Bertempat di Auditorium Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN (Pustekdata), Pekayon Jakarta Timur, pada Selasa (15/12), Kepala Pustekdata LAPAN Dedi Irawadi menerima sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2008 dari lembaga penyedia layanan sertifikasi TUV Nord. Dalam pidato sambutannya, Dedi menjelaskan rangkaian proses pekerjaan Pustekdata dari satuan kerja hingga di kantor pusat pengolahan data tidak putus sehingga dibutuhkan sistem manajemen yang bagus.

Untuk meraih sertifikat manajemen mutu ini, Pustekdata membentuk tim khusus untuk membenahi sistem manajemen yang dipimpin oleh Peneliti LAPAN Rubini Jusuf. Dengan sertifikat ISO, Pustekdata LAPAN diharapkan mempunyai standard mutu yang bagus dan berkelanjutan karena setiap tahunnya akan dilakukan penilaian. Ini merupakan langkah awal bagi Pustekdata untuk melakukan hal yang lebih baik lagi, mengingat Pustekdata menjalankan fungsi sebagai Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN). 
 
Dalam serah terima sertifikat ISO tersebut, GM TUV Nord Bayu Wicaksana berterima kasih atas kepercayaan LAPAN menunjuk TUV Nord sebagai Badan Sertifikasi ISO untuk Sistem Manajemen Layanan Teknologi dan Data Satelit Penginderaan Jauh. Menurut Bayu, ISO adalah standar internasional sehingga menegaskan Pustekdata LAPAN sebagai bagian dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berstandar sangat baik. Dalam perjalanannya, kata Bayu, Pustekdata LAPAN setidaknya harus melaksanakan internal audit minimal tiga kali dalam satu tahun.