LAPAN Launching Hitung Mundur Gerhana Matahari Total
Penulis Berita: -, Fotografer: , Tanggal: 14 Jan 2016

Jakarta SP Pada Rabu, 9 Maret 2016 mendatang, sebuah fenomena Gerhana Matahari Total akan berlangsung. Jalur gerhana akan diawali saat matahari terbit di Pulau Sumatera hingga Maluku, Indonesia. Kurang lebih 2 bulan lagi dan saat inilah waktu yang bagus untuk menyebarluaskan informasi.Gerhana Matahari Total (GMT 2016) ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016, mulai sekitar pukul 7.30 pagi di Sumatera dan sekitar pukul 10 pagi di Maluku Utara. Lain wilayah, lain pula waktu mulai gerhananya.


Acara hitung mundur GMT untuk memperkuat kesadaran publik akan terjadinya GMT 9 Maret di Jakarta, .Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Kamis (14/1) melaunching hitung mundur gerhana matahari total (GMT) 2016.

Indonesia akan mengalami GMT tanggal 9 Maret 2016. Indonesia akan menjadi tempat terbaik dan menarik untuk memantau fenomena GMT.Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan gerhana seperti ini baru akan terulang kembali di Indonesia diperkirakan 350 tahun mendatang.

Ia menambahkan ada tiga hal yang disosialisasikan terkait GMT yakni kegiatan penelitian, edukasi publik dan kepariwisataan.Gerhana matahari akan terjadi pada siang hari. Di samping itu GMT ini juga penting dalam mengali potensi nasional di bidang keantariksaan khususnya bidang astronomi," ucapnya.

Kota-kota besar di Indonesia yang akan kebagian Gerhana Matahari Total ini adalah Bengkulu, Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Tanjung Pandan, Palu dan Ternate.

Selain waktu mulai gerhana yang berlainan antar wilayah, fase gerhana total (yaitu ketika Matahari sepenuhnya tertutup oleh piringan Bulan) pun berlainan dari wilayah satu ke wilayah lainnya. Jadi puncak gerhana di Palembang tidak sama waktunya dengan puncak gerhana di Ternate.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gerhana matahari total akan melewati dua wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Poso dan Kabupaten Luwuk. Gerhana matahari total akan melewati Palu selama 2 menit 4 detik dan Luwuk selama 2 menit 50 detik.

Gerhana matahari total di Indonesia yang akan terjadi pada 6 Maret mendatang kini tengah menjadi perbincangan masyarakat dunia. Pasalnya fenomena langka tersebut baru akan terlihat lagi dalam waktu 40 tahun kedepan, atau tepatnya pada tahun 2056. Tak heran jika masyarakat dunia menganggap bahwa gerhana matahari total 2016 yang akan terlihat di Indonesia itu jadi peristiwa paling ditunggu.

Sumber : http://sinarpagi.net/berita-2467-lapan-launching-hitung-mundur-gerhana-matahari-total.html