Sosialisasi Gerhana Matahari, Sumatera Selatan Gandeng Lapan
Penulis Berita: Antara, Fotografer: , Tanggal: 25 Feb 2016

TEMPO.CO, Jakarta - Ingin menikmati fenomena gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 dengan asyik dan aman? Untuk memberikan penerangan kepada masyarakat, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan akan menggelar sosialisasi dan pembelajaran mengenai proses terjadinya GMT di Palembang pada 8 Maret mendatang.

"Sebelum menyaksikan gerhana matahari total, silakan mengikuti sosialisasi tentang tata cara menyaksikan kejadian alam tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Kamis, 25 Februari 2016.

Menurut dia, sosialisasi itu dilakukan pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Sebagai fenomena alam, gerhana matahari total sangat jarang terjadi. Untuk itu, sosialisasi menjadi hal yang penting, agar memberi pesan dan kesan yang memadai bagi warga masyarakat.

Cara yang ditawarkan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan untuk berhikmat ketika menyaksikan GMT adalah menggelar pelatihan dan pembelajaran mengenai proses terjadinya gerhana di alam semesta.

Narasumber dalam sosialisasi itu ahli dari Lapan, yang siap memberi penjelasan kepada para pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum mengenai apa dan bagaimana GMT. Selain itu, digelar pelatihan singkat mengenai cara membuat kacamata khusus untuk melihat GMT.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga menuturkan lokasi untuk melihat GMT adalah Jembatan Ampera, Palembang. Nantinya jembatan kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan itu akan ditutup sementara.

Sumber :
https://tekno.tempo.co/read/news/2016/02/25/061748228/sosialisasi-gerhana-matahari-sumatera-selatan-gandeng-lapan