Sosialisasi Gerhana Matahari Total 2016 di Palembang
Penulis Berita: Humas/ HR, Fotografer: Humas/ HR, Tanggal: 08 Mar 2016

Palembang merupakan salah satu kota di Indonesia yang akan dilintasi Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016. LAPAN memanfaatkan momentum ini untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya sosialisasi dan Edukasi Publik di Graha Teknologi Sriwijaya Jakabaring Palembang (08/03). Kegiatan ini melibatkan berbagai akademisi mulai dari siswa, guru, mahasiswa dan dosen di lingkungan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan

Dalam Sambutannya Kepala Biro KSHU, Christianus Dewanto mengatakan “ Bahwa Fenomena Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Palembang”. Lebih lanjut ia menjelaskan terdapat berbagai cara untuk menyaksikan gerhana secara aman diantaranya dengan metode proyeksi dan kacamata yang telah dilengkapi filter khusus matahari.

Sosialisasi yang diselenggarakan LAPAN ini juga memberikan edukasi publik di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan. Salah satunya mengajak mahasiswa di Sumatera Selatan untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan yang akan diselenggarakan LAPAN pada tahun 2016 yakni, Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Balon Atmosfer (Kombat). Hal ini disampaikan oleh Kabag Humas LAPAN, Jasyanto saat memberikan presentasinya.

Dalam pemaparannya, Jasyanto menjelaskan mengenai kompetensi utama, hasil litbang, capaian LAPAN dan 7 Program utama LAPAN dalam mendukung kemandirian bangsa dibidang teknologi penerbangan dan antariksa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para peneliti utama LAPAN, Atik Bintoro dan Kepala Diseminasi PSTA LAPAN, Adi Witono yang memberikan informasi seputar penyelenggaraan komurindo-kombat 2016 tahun ini.

Berbagai kegiatan lainnya pada edukasi publik ini antara lain: workshop pembuatan kacamata gerhana, teropong, dan kamera lubang jarum serta berbagai games lainnya yang disediakan LAPAN.

LAPAN akan melakukan berbagai pengamatan GMT pada 9 maret 2016 besok, para peneliti akan memfokuskan terhadap perubahan intensitas radiasi dan parameter fisik seperti temperatur serta perubahan terhadap laju fotosintesis yang diamati dengan perubahan pola-pola diurnal karbon dioksida.

Khusus di Palembang pengamatan Gerhana Matahari Total 2016 ini akan dipusatkan di Jembatan Ampera. LAPAN telah menyiapkan teleskop untuk mengamati fenomena gerhana dan mini planetarium seusai pengamatan. Hal ini diharapkan agar masyarakat mendapatkan pemahaman dan memiliki kecintaan terhadap teknologi keantariksaan.