Mahasiswa Pelajari Aplikasi Ilmu Fisika di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN.
Penulis Berita: Humas / RZ, Fotografer: Humas / RZ, Tanggal: 27 May 2016

Pentingnya penguasaan ilmu fisika dalam teknologi penerbangan dan keantariksaan membawa rasa keingintahuan 50 mahasiswa program studi fisika, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Padjajaran melakukan kunjungan industri ke Pusat Teknologi Penerbangan, Rumpin . Kunjungan yang berlangsung pada Jumat (27/05) ini untuk mengenal lebih jauh mengenai aplikasi ilmu fisika serta lingkungan industri khususnya di bidang teknologi penerbangan dan keantariksaan.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Diseminasi Pustekbang, Agus Bayu berharap dengan adanya kunjungan industri ini mahasiswa dapat belajar banyak mengenai berbagai aplikasi ilmu fisika yang selalu berkaitan dengan industri teknologi penerbangan secara langsung melalui peneliti dan perekeyasa LAPAN, lebih lanjut ia mengajak mahasiswa ikut berpartisipasi dalam kompetisi KOMURINDO-KOMBAT yang diadakan LAPAN setahun sekali di pamengpeuk, Garut.

Selanjutnya perekayasa muda LAPAN, Ari Sugeng memberikan pemaparannya mengenai profil pustekbang, program kegiatannya dan hasil litbang seperti pesawat tanpa awak (LSU), pesawat transportasi N219 dan Lapan Surveillance Aircraft (LSA). 

Dalam kunjungan ini mahasiswa di ajak untuk menjadi seorang peneliti, dalam materi presentasinya yang berjudul “kenapa jadi peneliti?”, Atik Bintoro, ahli peneliti utama LAPAN menjelaskan bahwa profesi sebagai peneliti merupakan profesi yang memiliki tantangan dan mempunyai peluang luas untuk berkontribusi ditingkat nasional maupun internasional.

“Segala masalah bisa diteliti dengan logika, objektif, sistematis, handal, dirancang, akumulatif dan memiliki kontribusi” ujar atik dalam pemaparannya. Di akhir presentasinya atik bintoro membacakan syair puisi berjudul “sebait cinta peneliti puna” . 

Kunjungan ini dilanjutkan dengan mengunjungi berbagai fasilitas penelitian seperti Lab Supersonik. Di lab ini mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melihat proses running test dan mengetahui fungsi lain dari lab Supersonik tersebut. 

Selanjutnya, mahasiswa berkunjung ke fasilitas ground station dan disini mereka mendapatkan pemaparan mengenai teknologi satelit LAPAN. Di akhir kunjungannya mahasiswa diajak ke fasilitas berikutnya lab avionik dan melihat demo terbang pesawat tanpa awak (LSU-01).

Dokumentasi Kunjungan Mahasiswa Unpad ke Pustekbang