Presiden Akan Saksikan Uji Komponen Pesawat N219 dari Solo
Penulis Berita: Pythag Kurniati, Fotografer: , Tanggal: 28 Jul 2016

Metrotvnews.com, Solo: Presiden Joko Widodo berencana menyaksikan uji komponen pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dari Kota Solo, Jawa Tengah.

Uji komponen ini akan dilakukan saat puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-21, Rabu 10 Agustus 2016.

Direktur Sistem Inovasi Ditjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) sekaligus Ketua Pelaksana Hakteknas ke-21, Ophirtus Sumule, mengatakan Presiden akan menyaksikan melalui teleconference dari Stadion Manahan, Kota Solo.

"Nanti akan ada layar besar yang terhubung dengan PT DI di Bandung dan Lapan di Rumpin, Bogor," kata Ophirtus di Balai Kota Solo, Kamis (21/07/2016).

Dua bagian yang diujikan, lanjut Ophirtus, yakni landing gear dan sayap pesawat. Landing gear akan diujikan di Bogor sedangkan bagian sayap diujikan di Bandung.

Ophirtus mengatakan, setelah landing gear dan sayap dinyatakan baik, pengembangan N219 dilanjutkan pada tahap sertifikasi. "Harapannya, pada 2017 pesawat ini bisa diproduksi secara massal," kata Ophirtus.

Wakil Ketua Umum Panitia Hakteknas, Agus Puji Prasetyo, mengatakan pesawat N219 merupakan karya anak bangsa sehingga uji komponen patut ditampilkan dalam puncak peringatan Hakteknas.

“Senada dengan tema Harteknaskali ini yang mengangkat tema ‘Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa’,” kata Agus.

Harteknas diselenggarakan setiap 10 Agustus. Tanggal itu dipilih bertepatan dengan penerbangan perdana N-250 Gatotkaca, pesawat buatan anak bangsa pertama, pada 1995 di Bandung, Jawa Barat.

Setelah itu dikembangkan beberapa pesawat, salah satunya N219. Pesawat ini memiliki kapasitas 19 penumpang dan dirancang mampu terbang di landasan pendek.
(UWA)


Sumber : http://jateng.metrotvnews.com/peristiwa/aNrLZAak-presiden-akan-saksikan-uji-komponen-pesawat-n219-dari-solo