Standar Penerbangan dan Antariksa Penting bagi LAPAN
Penulis Berita: Humas/MN, Fotografer: Humas/MN, Tanggal: 23 Aug 2016

LAPAN menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Konseptor Rancangan Standar Penerbangan dan Antariksa. Kegiatan ini berlangsung di Bogor, Selasa (23/8).

Sekretaris Utama LAPAN, dalam sambutaan pembukaan bimtek, menyampaikan bahwa Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan) merupakan organisasi baru di LAPAN, yang berada langsung di bawah koordinasi Kepala LAPAN.

Ia juga mengatakan bahwa telah dibuat Surat Keputusan (SK) bagi 22 orang agen standar yang diharapkan dapat menyusun rancangan standar penerbangan nasional. Untuk mendukung kegiatan perancangan standar tersebut, Arisdiyo menyatakan kesiapan dalam pengajuan anggaran ke pemerintah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia terkait standardisasi melalui sekolah bergelar maupun nongelar.

Sementara itu, Kepala Pustispan, Chusnul Tri Judianto, dalam sambutannya mengatakan bahwa standardisasi merupakan hal yang penting di LAPAN mengingat kegiatan keantariksaan yang dilakukan LAPAN. Berkenaan dengan itu, dalam bimtek ini dihadirkan narasumber yang kompeten dama memberikan masukan mengenai standardisasi, antara lain dari BSN yang bergerak di bidang regulasi standar, Batan di bidang keamanan dan pangan, serta BIG yang telah lama bekerja sama dengan LAPAN di bidang data penginderaan jauh.

Menurut Kepala Pusat Perumusan Standar BSN, I Nyoman Supriyatna, dan perwakilan dari Batan, Djatmiko, standar sangat penting untuk dimiliki misalnya agar produsen paham akan kepastian persyaratan pasar, pengguna memperoleh kepastian kualitas dan keamanan, serta masyarakat terlindungi.

Dalam bimtek tersebut, perwakilan dari BIG, Suprajaka menyampaikan mengenai Standardisasi Penyelenggaraan Informasi Geospasial berlandaskan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.