Komurindo-Kombat 2016, Bangun Semangat Tim dan Networking
Penulis Berita: Humas/ZK, Fotografer: Humas/Sgd, Tanggal: 25 Aug 2016

Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2016 telah dimulai, dengan penyelenggaraan technical meeting dan malam keakraban di Ruang Integrasi, Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Garut, Jawa Barat, Rabu (24/8).

Dalam technical meeting tersebut, peserta dibekali secara teknis terkait dengan persiapan kompetisi pada 25 dan 26 Agustus 2016. Para peserta juga diberikan pemahaman mengenai muatan roket, roket edf dan balon atmosfer

Dalam sambutannya, Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum LAPAN, Christianus R. Dewanto, mengatakan bahwa kompetisi Komurindo-Kombat merupakan ajang untuk membangun semangat tim dan networking (jaring pertemanan). Hal ini merupakan suatu pengalaman yang bagus. Lebih lanjut, ia mengimbau kepada peserta untuk saling mengenal antar tim.

Komurindo diikuti oleh 43 tim dan Kombat diikuti oleh 16 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan dengan persyaratan yang sangat ketat sehingga para peserta dapat memberikan hasil yang terbaik bagi tim dan bagi kemajuan teknologi antariksa.

Malam keakraban dimeriahkan dengan kesenian dari sanggar laskar motekar yang menyuguhkan tari merak dan tari jaipong. Panitia juga meminta pada setiap tim peserta untuk menampilkan yel-yel. Acara malam keakraban ditutup dengan acara pelepasan lampion harapan.

Komurindo dan Kombat 2016 merupakan bagian dari edukasi keantariksaan, yang diselenggarakan untuk menumbuhkembangkan kecintaan dan minat generasi muda terhadap teknologi penerbangan dan antariksa. Langkah ini juga bagian dari upaya pemerintah menyiapkan bibit unggul tenaga ahli bidang keantariksaan.

Kompetisi tingkat mahasiswa se-Indonesia ini diselenggarakan LAPAN bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Pemerintah Kabupaten Garut. Kegiatan ini sekaligus bagian dari rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 dan Hari Ulang Tahun LAPAN ke-53.