LAPAN dan TNI Angkatan Laut Bekerja Sama Perkuat Kemaritiman Indonesia
Penulis Berita: Humas/Sgd, Fotografer: Humas/Sgd, Tanggal: 09 Jan 2017

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Laksma Harjo Susmoro didampingi jajaran kepala dinasnya berkunjung ke kantor LAPAN, Rawamangun, Jakarta, Jumat (6/1). Kunjungan ini untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kerja sama antar kedua instansi.

Pushidrosal berwenang mengeluarkan peta khusus kelautan demi keselamatan, keamanan dan kedaulatan Republik Indonesia. Indonesia menjadi poros maritim dunia, maka dari itu diperlukan kerja sama antar instansi pemerintah. LAPAN sebagai lembaga yang memiliki payung hukum UU No 21 tahun 2013 memiliki empat kompetensi yaitu Sains Antariksa dan Sains Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, lalu Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa.

Setelah memberikan paparan, Kepala LAPAN berdiskusi dengan Kapushidrosal mengenai kerja sama dan hasil litbang terbaru yang dimiliki LAPAN.

Pushidrosal sudah tidak asing dengan LAPAN karena telah lama bekerja sama dengan LAPAN terkait penginderaan jauh dan batimetri. Kerja sama lainnya antara LAPAN dan Pushidrosal yaitu terkait validasi data satelit di lapangan. LAPAN berusaha menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna data penginderaan jauh di instansi pemerintah dan stakeholders

Dalam pertemuan itu diharapkan, transfer teknologi penerbangan dan antariksa di sektor kemaritiman tidak hanya terkait penginderaan jauh saja, tapi juga merambah ke sektor litbang lainnya.

Potensi pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk kemaritiman misalnya pesawat tanpa awak yang mempunyai kemampuan jelajah luas serta bisa lepas landas dan mendarat di area sempit. Selain itu juga, Pushidrosal dapat memanfaatkan keselamatan pelayaran dan perikanan yang dikembangkan oleh LAPAN berbasis sains atmosfer dengan nama Sistem Embaran Maritim (SEMAR). Hasil litbang terkait informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) juga dapat dimanfaatkan.