Menteri PPN/Kepala Bappenas Melakukan Kunjungan Kerja ke Pustekbang
Penulis Berita: , Fotografer: , Tanggal: 27 Nov 2013

Lapan.go.id, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, SE., Selasa (25/11) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan ini, Kepala Lapan, Bambang Tedjasukmana memaparkan mengenai Program Pengembangan Kedirgantaraan Lapan mulai dari Teknologi Roket, Pengembangan Satelit, Pengembangan Stasiun Bumi Satelit, Pengembangan Teknologi dan Pemanfaatan Inderaja, Pengembangan Sains Atmosfer dan Antariksa, UU 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, Fasilitas Edukasi Keantariksaan, Reformasi Birokrasi, Kerjasama Internasional serta yang sedang hangat diperbincangkan adalah Pengembangan Teknologi Penerbangan dimana Program N219 masuk didalamnya.

Dalam sambutannya Menteri PPN/Kepala Bappenas mengatakan, Program N219 diharapkan tidak berhenti pada skala penelitian saja, tetapi harus terus dikembangkan untuk mendukung konektifitas transportasi udara. Selain itu perlu juga dikembangkan industri pendukungnya yang dikembangkan secara sistematis hal ini tentu perlu ada kerjasama dengan Kementerian Perindustrian. Pengembangan N219 ini selain pada sisi penelitian sangat perlu juga diperhatian untuk sisi bisnisnya, seperti perlunya menggandeng pihak airlines sebagai mitra pengguna agar program ini terus bergulir hingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Direktur Utama PT DI, Budi Santoso, yang turut hadir pada acara ini mengatakan, Program N219 pada sisi penelitian dan pengembangan akan dilakukan oleh Lapan sedangkan untuk komersialisasi atau produksi secara masal akan dilakukan oleh PT.DI.

Menteri PPN/Kepala Bappenas juga menyoroti mengenai pentingnya UU No.21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan sebagai dasar hukum dalam menyusun RPJMN. Dengan adanya undang-undang ini juga, kegiatan Keantariksaan dapat dimasukkan dalam program prioritas pemerintah.

Selain memberikan sambutan, Menteri PPN/Kepala Bappenas juga menyempatkan diri mengunjungi beberapa fasilitas penelitian Lapan di area Rumpin seperti Stasiun Bumi Satelit, Terowongan Angin dan Hanggar Pesawat dan Roket.


Sumber: Humas/Fhm