50 TAHUN LAPAN
Penulis Berita: , Fotografer: , Tanggal: 29 Nov 2013

Litbang Kedirgantaraan akan Semakin Berjaya

Lapan.go.id, Lima puluh tahun Lapan telah sukses membangun landasan kemandirian kedirgantaraan nasional. Berbagai program di bidang kedirgantaraan masih terus akan berlanjut dan semakin meningkat. Untuk itu, seluruh karyawan lapan harus terus berjalan berirama dalam bekerja. Itulah pesan Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, saat peringatan HUT Lapan ke-50 di Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta, Rabu (27/11).

Dalam mewujudkan kemandirian bangsa di bidang keantariksaan, Lapan telah membangun Satelit Lapan-Tubsat yang diluncurkan ke orbit pada 2007 dari India. Tahun depan, Lapan juga akan mengorbitkan satelit buatan bangsa berikutnya, Lapan-A2 dan masih akan terus mengembangkan satelit-satelit yang lebih canggih di masa depan. Bukan hanya satelit, Lapan juga mengembangkan teknologi dirgantara lainnya seperti roket dan pesawat terbang. Roket yang dikembangkan Lapan nantinya akan menjadi cikal bakal roket pengorbit satelit dan keperluan penelitian.

Di bidang penerbangan, Kepala Lapan mengatakan bahwa Lapan akan segera menyelesaikan pesawat N219. Tahun depan, pesawat berpenumpang 19 orang ini akan mulai dibangun. Pesawat ini akan sangat bermanfaat untuk menghubungkan pulau-pulau dan daerah terpencil di Indonesia.

Selain pesawat berpenumpang, Lapan juga mengembangkan pesawat tanpa awak UAV. UAV telah dimanfaatkan untuk pemantauan kawah Gunung Merapi, pemantauan banjir di Jakarta, dan pemantauan pertumbuhan padi. UAV buatan Lapan tersebut telah mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan terbang secara autonomous sejauh 200 kilometer.

Selain penelitian di bidang teknologi dirgantara, Lapan juga melakukan pengembangan di bidang penginderaan jauh serta sains antariksa dan atmosfer. Hasil litbang Lapan telah dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa di bidang ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Menteri Negara Riset dan Teknologi (Mennegristek), Prof. Dr. Gusti M. Hatta, dalam peringatan HUT Lapan, mengatakan bahwa Lapan telah menghasilkan Undang-undang Keantariksaan. "Undang-undang tersebut merupakan satu langkah yang maju dan merupakan kado persembahan yang sangat baik bagi ulang tahun Lapan."

Kinerja Lapan yang baik ini tentunya harus terus dijaga kekompakannya agar sinergi dan produktivitas meningkat. Mennegristek mengatakan bahwa dengan demikian Lapan dapat menunjukkan prestasi dan hasil-hasil yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dalam peringatan HUT Lapan ke-50 tersebut, Lapan juga membacakan program-program prioritas 2014 yang bertajuk Deklarasi Eksplorasi Khatulistiwa. Program tersebut yaitu peluncuran Satelit Lapan-A2, pembangunan production line propelan, pengembangan pesawat transport N219, pengembangan bank data penginderaan jauh nasional, reformasi birokrasi, pengembangan edukasi kedirgantaraan, pengembangan sistem informasi cuaca antariksa dan benda jatuh antariksa, pengembangan model atmosfer ekuator kurang dari 15km, pengembangan rencana induk keantariksaan.

Sumber: Humas/Meg