Indonesia Mendukung Kegiatan Space Education
Penulis Berita: fau, Fotografer: lel, Tanggal: 09 Dec 2013

Hanoi, Lapan.go.id, Forum Asia Pasifik APRSAF ke 20 kembali digelar di Hanoi, Vietnam yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 6 Desember 2013. Kegiatan tahunan ini merupakan forum kawasan Asia Pasifik yang memberikan manfaat sosio-ekonomi bagi anggotanya. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Values From Space : 20 Years of Asia-Pacific Experiences”.

Dalam pemaparan oleh masing-masing delegasi mengenai kegiatan space education di negaranya, Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Agus Hidayat, mewakili LAPAN, Indonesia menyampaikan mengenai konsep pengembangan edukasi kedirgantaraan, rencana pembangunan Space Education Visitor Center, dan laporan kegiatan edukasi kedirgantaraan yang meliputi lomba poster dan roket air, Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) 2013, Festival Sains Antariksa, serta berbagai kegiatan edukasi lainnya yang dapat menumbuhkembangkan minat generasi muda akan sains antariksa.

Pada pertemuan tersebut, side event yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan lomba poster dan lomba roket air. Untuk lomba roket air, Juara Pertama diraih Kohei Dono, Jepang, kedua: Sarvang Rasmikart Gandhi, India dan ketiga Moh,.Farhan, Malaysia. Untuk lomba poster, Samarasubghe Srilanka (11 thn) memperoleh JAXA awards, sedangkan Special Poster award diberikan kepada Ayumi, Jepang, dan Angelica Indonesia.

Working Group menyepakati bahwa APRSAF 2014 yang akan diselenggarakan di Jepang akan tetap mengadakan 2 (dua) kegiatan lomba yakni lomba poster dan lomba roket air. Tema Lomba poster 2014 adalah “Space is The Future”,