BPJS Kesehatan Belajar Pengelolaan Arsip LAPAN
Penulis Berita: Humas/AP, Fotografer: Humas/AP, Tanggal: 12 Dec 2017

Selasa (12/12), LAPAN menerima kunjungan kerja dari arsiparis BPJS Kesehatan. Kunjungan diterima langsung oleh Sekretaris Utama LAPAN, IL. Arisdiyo di Ruang Rapat Antariksa, Kantor Pusat LAPAN, Rawamangun. Kunjungan ini adalah dalam rangka saling meningkatkan kapasitas serta pengetahuan para arsiparis dari kedua institusi.

Sebagaimana diketahui, LAPAN telah berhasil menyabet gelar Juara Pertama Unit Kearsipan Tingkat Lembaga Negara dalam kompetisi yang diadakan Arsip Nasional Republik Nasional (ANRI) pada 17 Agustus lalu, yaitu kompetisi Unit Kearsipan Terbaik dan Arsiparis Teladan Tingkat Nasional. LAPAN terpilih menjadi juara satu di antara enam 6 nominator Tingkat Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). “Berkat kedisiplinan dan kerapihan dalam menata arsip, LAPAN berhasil meraih Juara Pertama kategori unit kearsipan LPNK pada ANRI Awards,” ujar Arisdiyo.

Dalam kesempatan kali ini, Arisdiyo juga menjelaskan beberapa capaian LAPAN pada tahun 2017 seperti keberhasilan Pesawat N219 yang telah diberikan nama “Nurtanio” oleh Presiden Joko Widodo, keberhasilan peluncuran Roket RX450 dan RX 1220 yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 7 Desember, serta peresmian Gedung Arsip di Pusat Teknologi Penerbangan, Rumpin, Bogor. “Gedung Arsip adalah manifestasi komitmen pimpinan LAPAN untuk menuju penataan arsip yang baik. Sebab hal-hal penting tersebut sangat wajib untuk diarsipkan. Namun, hal-hal lain yang terkait dengan administrasi tidak boleh dilupakan untuk diarsipkan secara rapi pula,” ujarnya.

Hal tersebut menjadi dasar bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan kunjungan kerja/ studi banding ke LAPAN. Para arsiparis dalam unit Kearsipan BPJS Kesehatan mengaku mendapatkan beberapa pencerahan setelah berkunjung ke LAPAN. Mereka terus berusaha ingin belajar bagaimana untuk menjadi unit kearsipan yang baik seperti LAPAN.