Pameran Rakernas Ristekdikti 2018: LAPAN Beri Solusi Kebutuhan Nasional
Penulis Berita: Humas/AP, Fotografer: Humas/AP, Tanggal: 23 Jan 2018

LAPAN mengikuti pameran dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pameran berlangsung pada 16-17 Januari 2018 di Universitas Sumatera Utara. 

Dalam pameran kali ini, LAPAN menampilkan Pesawat N219-Nurtanio sebagai pendukung kebutuhan Nasional. N219 merupakan pesawat jenis perintis transportasi antar pulau kecil dan daerah yang sulit dijangkau. Keunggulan lainnya yaitu, pesawat ini memerlukan landas pacu yang pendek. 

Tidak hanya itu saja, LAPAN juga memamerkan hasil akuisisi data Line Imaging Space Application (LISA) dari Satelit LAPAN-A3/ LAPAN-IPB. Hasil yang ditampilkan adalah akuisisi data daerah Universitas Sumatra Utara dan daerah vegetasi sekitarnya. Citra satelit tersebut memperlihatkan tutupan lahan terkait vegetasi, sawah irigasi, sawah tadah hujan, sawah lebak, sawah pasang surut, hutan homogen, hutan hujan, dan padi siap panen.

LAPAN A3/ LAPAN-IPB yang membawa LISA itu, adalah satelit buatan LAPAN dengan berat 115 kilogram. Misi satelit yang diluncurkan pada 22 Juni 2016 ini yaitu penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan. Dengan kemampuannya, LAPAN-A3 mampu mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan. Satelit ini juga mengemban misi pemantauan kapal laut. 

Dalam pameran kali ini, LAPAN juga menampilkan LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI. LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI adalah satelit suksesor dari satelit buatan LAPAN sebelumnya yaitu satelit LAPAN-TUBSAT yang dibuat di Jerman. Satelit yang diluncurkan pada 28 September 2015 ini sepenuhnya dibuat di Indonesia dan bermisi untuk sebagai mitigasi bencana. 

Pameran Rakernas Ristekdikti 2018 ini diikuti oleh berbagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bergerak di bidang riset dan teknologi. Selain itu, pameran juga diikuti berbagai perguruan tinggi di Sumatera.