Dalam Seminggu, Ada 90 Titik Panas di Indonesia, Salah Siapa?
Penulis Berita: diah, Fotografer: , Tanggal: 21 Feb 2018

Trubus.id -- Sejak Januari, beberapa daerah di Indonesia mengalami kebakaran hutan dan lahan. Saat ini, jumlah titik panas (hotspot) terus meningkat. Dalam seminggu terakhir, hotspot di Kalimantan Barat banyak ditemukan. Bahkan, Kota Pontianak terselimuti asap karhuta.

Pantauan hotspot 24 jam terakhir dari satelit Aqua, Terra, SNNP pada catalog modis LAPAN pada Rabu (21/2) pukul 07:23 WIB, terdapat 90 hotspot di Indonesia dengan kategori sedang (30-79 persen) dan tinggi (lebih dari 80 persen).

Untuk kategori sedang, ada di Papua Barat, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Papua, Maluku, Kepulauan Bangka Belitung, Riau, Maluku Utara, dan Sumatera Selatan 1.

Baca Lainnya: 4 Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

“Sedangkan kategori tinggi, yang sedang terbakar, ada 12 hotspot. Tersebar di Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka, Belitung, dan Riau,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Rabu (21/2).

Sejauh ini, untuk mengatasi karhutla, telah dilakukan operasi darat, udara, penegakan hukum, patroli dan sosialisasi, pelayanan kesehatan dan berbagai upaya lain.

“BNPB masih menyiapkan dukungan pesawat untuk hujan buatan dan helikopter water bombing,” bebernya. [DF]



Sumber : https://news.trubus.id/post/dalam-seminggu-ada-90-titik-panas-di-indonesia-salah-siapa-7319