LAPAN dan ULM Kerja Sama Tingkatkan Kemampuan Penelitian
Penulis Berita: Humas/HR, Fotografer: Humas/HR, Tanggal: 09 May 2018

LAPAN dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menandatangani naskah kerja sama di Aula Rektorat ULM, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (9/5). Naskah ditandatangani oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, dan Rektor ULM, Prof. Dr. Sutarto Hadi.

Kerja sama kedua instansi terkait pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pemanfaataan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa serta pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan naskah kerja sama ini merupakan upaya ULM untuk meningkatkan kemampuan akademisi dalam meneliti dan mengembangkan sains dan teknologi antariksa. Tujuannya yaitu untuk memberikan sumbangan nyata yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Kalimantan Selatan dan Indonesia. LAPAN memanfaatkan kerja sama ini untuk mendapatkan masukan dan mitra dari akademisi dalam mengembangkan sains dan teknologi antariksa.

Lerja sama antara LAPAN dan ULM ini melingkupi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, pemanfaatan data dan teknologi penginderaan jauh, sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, kajian kebijakan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta diseminasi dan publikasi ilmiah. 

Sebagai implementasi dari kerja sama tersebut ini, kedua instansi juga sepakat bekerja sama dalam penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi dan data satelit dengan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LAPAN dan ULM. Penandatangan PKS ini dilakukan oleh Kepala Biro Kerjasama, Humas, dan Umum LAPAN, Christianus R. Dewanto, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat ULM, Prof. Dr. Mochamad Arief Soendjoto. 

Rektor ULM dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kerja sama ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh lembaga penelitian dan mahasiswa ULM. Ia mengatakan bahwa Kalimantan Selatan memiliki potensi yang besar, namun belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat karena kurangnya penelitian dan pengembangan. 
Dalam acara penandatanganan naskah kerja sama ini, Kepala LAPAN memberikan kuliah umum mengenai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk Indonesia maju dan mandiri. Kuliah umum ini dihadiri 200 mahasiswa yang mayoritas berasal dari jurusan FMIPA dan Fisika.