Lapan dan PT DI habiskan Rp 400 miliar kembangkan N219
Penulis Berita: Idris Rusadi Putra, Fotografer: , Tanggal: 25 Feb 2014

Merdeka.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menghabiskan anggaran sekitar Rp 400 miliar untuk pengembangan pesawat N219 bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Dana ini akan digunakan untuk dua tahun yaitu 2014 dan 2015.

Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Gunawan S Prabowo mengatakan, tahun ini anggaran yang dihabiskan mencapai Rp 310 miliar. Sedangkan sisanya atau sekitar USD 90 miliar akan digunakan untuk tahun depan.

"Komitmen kita tahun 2014 itu Rp 310 dan sisanya 2015," ucap Gunawan di kantor pusat Lapan, Jakarta, Selasa (25/2).

Dia menegaskan, anggaran ini diakui tidak digunakan untuk kepentingan komersil atau mengambil keuntungan.

"Kita kan pusat teknologi penerbangan, dunia penerbangan engineering kita improve kemampuan engga ada barangnya ya engga bisa. Bagi enginer Lapan jadi wahana penelitian. Ada feedback kita masuk ke pesawat terbang," tegasnya.

Deputi Bidang Teknologi Lapan, Soewarto Hardhienata mengatakan, kerja sama dengan PT DI terbukti menguntungkan Lapan. Terlebih untuk pendampingan tenaga permesinan. Pada 2011 Lapan mendirikan pusat teknologi penerbangan, dalam 3 tahun sudah dapat pengembangan pesawat N 219.

"Kami belajar enginer dititipkan di PT DI untuk magang, kami harus mempunyai SDM bersertifikat mengenai pengembangan pesawat," tutupnya.

Sumber :
http://www.merdeka.com/uang/lapan-dan-pt-di-habiskan-rp-400-miliar-kembangkan-n219.html