Litbang Sains Teknologi Atmosfer di Panggung Utama
Penulis Berita: Humas/UNG/SGD, Fotografer: Humas/EDR/SGD, Tanggal: 10 Aug 2018

Perhelatan tahunan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-23 diadakan di Rumah Dinas Gubernur Riau, Pekanbaru pada hari jumat (10/8). LAPAN menampilkan litbang unggulan pada panggung utama yang disebut eye catching seperti yang disampaikan Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe “Dipamerkan juga produk inovasi teknologi terbaru yang dihasilkan oleh perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri, khusus bidang fokus pangan dan energi di Ritech Expo dalam format pameran “eye catching”, ujar Jumain. Produk yang telah dihasilkan antara lain :
1. Radiosonde
2. ADS - B (Automatic Dependent Surveilance Boardcast)
3. SANTANU ( Sistem Pemantau Hujan Spasial)

Layanan tersebut diatas adalah hasil kerjasama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bersama-sama dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) sebagai lembaga litbang nasional mendukung penuh terciptanya kemandirian teknologi navigasi dan keselamatan penerbangan. Acara Puncak Hakteknas tersebut dibuka oleh Menristekdikti Prof. Dr. Mohamad Nasir dan pada kesempatan itu juga dihadiri Oleh Presiden ke-3 RI, Prof.Dr. Ing BJ.Habibie yang juga berkesempatan meninjau produk tersebut.

PT. INTI berperan untuk memproduksi dan komersialisasi, LAPAN dan BPPT sebagai litbang produk inovatif dikoordinasikan dan difasilitasi oleh Kementerian Ristekdikti, didukung oleh BMKG dan Kementerian Perhubungan sebagai pembuat standar dan pengguna. Pengguna potensial lainnya adalah industri penerbangan, Airnav dan industri lainnya. Diharapkan akan terjadi kerjasama hilirisasi trihelix yaitu inovasi teknologi dari litbang kemudian industri dan pengguna, imbuh Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Halimurrahman.

Dalam acara HAKTEKNAS, terdapat juga Pameran Ritech Expo yang diikuti oleh kurang lebih 120 institusi yang berasal dari perguruan tinggi, Balitbang daerah, Kementerian dan Lembaga, dunia usaha/industri dan BUMN, unit utama dan program unggulan Kemenristekdikti, asosiasi dan komunitas, demo produk, workshop/seminar, temu bisnis, dan rangkaian perlombaan.
Pada kesempatan tersebut Menristekdikti selain menyerahkan bantuan produk inovasi kepada masyarakat dan mahasiswa terbaik, juga berkesempatan memberi penghargaan kepada para pemenang Anugerah Iptek dan Inovasi 2018 untuk 8 kategori, yakni:

1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Provinsi atas penguatan Sistem Inovasi Daerah, diberikan kepada: Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah, dengan penerima: Pemerintah Kota Magelang.
3. Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: Institut Pertanian Bogor (IPB).
4. Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi prestasi Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pusat Unggulan Iptek dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: Pusat Sains Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN.
5. Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi prestasi industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan dan membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: PT Industri Kereta Api (PT INKA).
6. Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat ilmiah dalam menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: Prof. Dr. Ir. Subagjo (ITB).
7. Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat umum dalam menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: D. Rubiyanto Hadi Pramono.
8. Anugerah Widya Kridha, untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi, dengan penerima: Cikarang Techno Park.