LAPAN Dukung Kemajuan Bangsa Melalui IPTEK Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita: Humas/ WD, Fotografer: Humas, Tanggal: 30 Aug 2018

LAPAN ikuti pameran yang diselenggarakan oleh Kedeputian Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (30/08). Pameran ini merupakan rangkaian acara seminar nasional dengan tema “ Pembangunan IPTEK Untuk Kemajuan Bangsa” yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman mengenai pentingnya inovasi dalam percepatan pembangunan khususnya ekonomi di Indonesia.

Dalam sambutannya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan “ Pentingnya sistem nasional ilmu pengetahuan dan inovasi untuk merespon revolusi industri 4.0 sehingga Indonesia mampu bersaing dengan bangsa lainnya ditengah persaingan global saat ini”. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan meningkatnya peran Iptek dan inovasi yang dihasilkan, Indonesia akan mampu berkontribusi terhadap pertumbungan ekonomi nasional serta dapat memproduksi produk massal yang dapat digunakan dan diterima masyarakat luas, maupun dunia, ujar Bambang.

Saat berkunjung ke booth pameran LAPAN, Menteri Bappenas ini didampingi oleh Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin mengapresiasi produk hasil litbang dan inovasi melaui Ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa. Dalam pameran ini LAPAN menampilkan mock up satelit LAPAN A3/ IPB, miniatur pesawat transportasi N219 ( Nurtanio ), data citra satelit dan infografis kegiatan litbang LAPAN .

Acara ini juga dihadiri sekitar 300 peserta dari berbagai kalangan, meliputi perwakilan dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, akademisi, pengusaha, serta masyarakat penggiat dan pemerhati bidang Iptek.