Edukasi Publik LAPAN di Puspitek Innovation Festival 2018
Penulis Berita: humas/rz, Fotografer: humas/rz, Tanggal: 30 Sep 2018

LAPAN berpartisipasi dalam Puspitek Innovation Festival (PIF) 2018 di Graha widya bhakti, Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan pada 27 – 30 September 2018 dengan tema “ Innovation For All”.. Acara ini merupakan ajang untuk mengenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi kepada masyarakat umum terhadap pentingnya penguasaan teknologi. Beberapa pengunjung yang hadir berasal dari negara-negara di Asean dan India

Dalam PIF 2018 ini LAPAN turut memberikan edukasi bagi publik mengenai planet dan tata surya melalui fasilitas mini planetarium, dimana para pengunjung diajak untuk menjelajah ke luar angkasa di dalam sebuah dome besar yang berbentuk kubah hitam dengan menggunakan proyektor yang disorotkan ke cekungan dalam tenda dome. Antusias pengunjung mini planetarium ini sangat besar dan diharapkan mereka mampu belajar dan menambah wawasan tentang dunia luar angkasa.

Sementara itu pada hari terakhir, LAPAN bekerjasama dengan ORARI menyelenggarakan bimbingan komunikasi melalaui satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO -86) dengan Radio Genggam dan dihadiri peserta yang berasal dari Indonesia, India, Laos, Myanmar dan Vietnam. Bimtek ini disajikan dengan cara yang menyenangkan dan mendidik oleh peneliti satelit LAPAN dan penggiat komunikasi radio amatir melalui satelit.

Dalam bimtek ini Kepala Bagian Diseminasi, Pusteksat, Wahyudi Hasbi memaparkan mengenai sejarah teknologi satelit, perkembangan teknologi satelit dan pemanfaatan teknologi satelit bagi kehidupan manusia. Kemudian selanjutnya peserta diberikan materi terkait dengan komunikasi satelit amatir baik voice maupun data oleh Suryono Adisoemarto dari ORARI.

Tidak hanya materi saja namun para peserta juga praktik pembuatan antenna untuk komunikasi melalui satelit LAPAN A2/LAPAN-Orari (IO-86) dan praktik komunikasi secara langsung dengan anggota amatir radio se-Asia. LAPAN berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi satelit, mengetahui kemampuan LAPAN dalam mengembangkan satelit dan mampu melakukan komunikasi amatir melalui satelit yang dibutuhkan ketika terjadi bencana. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan sharing ilmu pengetahuan dan teknologi bermanfaat dari ahli maupun peserta lainnya.

LAPAN akan terus memberikan layanan edukasi bagi masyarakat dan generasi muda guna membangun kecintaan terhadap dunia teknologi keantariksaan sehingga diharapkan Indonesia akan mampu menjadi negara yang memiliki kemandirian terhadap penguasaan teknologi khususnya dibidang penerbangan dan antariksa. 

Antusias pengunjung di Mini Planetarium LAPAN