Edukasi Teknologi Roket, LAPAN Gelar Workshop Komurindo Kombat di UMY
Penulis Berita: Noristera Pawestri, Fotografer: , Tanggal: 30 Oct 2018

TRIBUNJOGJA.COM - Guna mewujudkan kemandirian teknologi di bidang roket, muatan roket maupun muatan balon, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar workshop Komurindo Kombat 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (30/10/2018).

Kompetisi Muatan Roket, Muatan Balon Atmosfer dan Roket Indonesia (Komurindo Kombat) 2018 ini dilaksanakan setiap tahun sejak 2007 silam.

Kompetisi ini diselenggarakan sebagai sarana pendidikan untuk menarik minat mahasiswa seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu, kompetisi ini sekaligus untuk menyiapkan calon peneliti dan perekayasa handal dalam teknologi roket dan muatan.

Kabag Humas LAPAN, Jasyanto menyampaikan, Komurindo Kombat ini juga dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta teknologi penerbangan dan antariksa, khususnya teknologi roket dan muatan.

"Diharapkan kompetisi dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan ide dan kreasi serta melakukan penelitian terhadap teknologi roket dan muatan," ujarnya.

Yakni mulai dari kegiatan rancang bangun, uji fungsional sampai dengan melaksanakan uji terbang.

Terutama melalui pemahaman terhadap perilaku roket dan fungsi muatan, baik untuk roket RUM maupun Roket System Kendali sesuai dengan persyaratan kompetisi.

Jasyanto melanjutkan, sasaran dan target dari Komurindo Kombat ini sebagai salah satu perwujudan LAPAN dalam memajukan dan menguasai teknologi roket muatan dan balon atmosfer.

Untuk itu, menurut dia perlu diadakan lomba yang menunjang kearah penguasaan teknologi tersebut mulai dari tingkat perguruan tinggi.

"Mahasiswa membangun suatu system hardware dan sensor yang ditransmisikan ke sistem darat sehingga didapat data data yang sudah ada dalam peraturan," kata dia.

Ia melanjutkan, dalam menerima data, peserta juga menyiapkan perangkat penerima dan sofware menerima serta pengolah data.

Untuk sistem wahana kendali akan mampu menyiapkan suatu wahana terbang yang terkontrol dengan demikian akan dapat dikembangkan untuk banyak penggunaan.

"Sasaran itu sangat baik untuk bekal awal ketertarikan teknologi roket, wahana dan balon muatan," tuturnya.

Untuk itu, LAPAN terus mendorong kemajuan penguasaan teknologi ini dengan mengadakan acara serupa, baik itu roket, muatan bahkan hingga komunikasi satelit.

"Karena bagian edukasi penerbangan dan antariksa adalah wujud kiprah LAPAN di dunia pendidikan," kata dia. (tribunjogja)





Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2018/10/30/edukasi-teknologi-roket-lapan-gelar-workshop-komurindo-kombat-di-umy?page=2.