LAPAN Kenalkan Dunia Keantariksaan di Kota Sawahlunto
Penulis Berita: humas/rz, Fotografer: humas/rz, Tanggal: 30 Nov 2018

LAPAN turut berpartisipasi dalam acara talkshow bertema “Menyiapkan Generasi Milenial Untuk Menghadapi Perkembangan Zaman” di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto, Sumatera Barat (30/11). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT Sawahlunto ke 130 dan dihadiri sebanyak 300 siswa sekolah menengah atas.

Dalam sambutannya, Walikota Sawahlunto Dery Astha, mengatakan bahwa “Generasi muda perlu diberikan motivasi, pengetahuan dan pembekalan menuju perguruan tinggi dan dunia kerja. Perkembangan zaman dan teknologi saat ini begitu pesat sehingga para siswa perlu beradaptasi dan meningkatkan kompetensinya. 

Kabag Humas LAPAN, Ir Jasyanto dalam pemaparannya menyampaikan 3 materi, yakni mengenai hasil litbangyasa LAPAN dimana para siswa diajak untuk mengenal teknologi dibidang penerbangan dan antariksa di Indonesia. “Saat ini LAPAN telah mampu menghasilkaan berbagai produk hasil litbang antara lain : satelit, roket, citra satelit, pesawat tanpa awak, dan pesawat transportasi nasional N219 (Nurtanio).

Materi selanjutnya adalah pemaparan mengenai balai pengamatan antariksa dan atmosfer Agam, Jasyanto mengajak para siswa untuk berkunjung, study tour dan praktik kerja lapangan di fasilitas LAPAN tersebut sehingga mereka dapat belajar dan mendapatkan pengetahuan mengenai sains antariksa dan atmosfer beserta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Selanjutnya siswa juga diberikan materi mengenai program edukasi keantariksaan LAPAN seperti Water rocker event, festival sains antariksa, paracita atmaloka, komurindo-kombat, kunjungan,praktik kerja lapangan dan beberapa program edukasi lainya.

Antusias siswa dalam talkshow ini begitu besar, hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan mereka mengenai hasil litbangyasa dan edukasi LAPAN. Menariknya, mereka sangat tertarik untuk bekerja di LAPAN suatu hari nanti .Dengan adanya sosialisasi dari humas ini, diharapkan para siswa tidak hanya mengetahui keberadaan LAPAN khususnya di Agam namun juga memanfaatkannya  untuk menggali potensi ilmu pengetahuan khususnya dibidang teknologi penerbangan dan antariksa.

LAPAN membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siswa yang ingin belajar mengenai teknologi penerbangan dan antariksa melalui berbagai program edukasi yang dirancang untuk menumbuhkembangankan kecintaan generasi muda terhadap dunia keantariksaan.