MoU dengan Pemda, LAPAN Perluas Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Penulis Berita: Humas/SGD, Fotografer: Humas/SGD, Tanggal: 31 Jan 2019

LAPAN tanda tangani MoU dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Lebong pada Kamis (31/1) di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta. MoU ini dihadiri oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Sekretaris Utama LAPAN dan jajaran pejabat, Bupati Lebong berserta pejabat daerah, dan Kepala Bappeda Jambi beserta jajarannya.

Dalam paparannya, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN Dr. Orbita Roswintiarti menjelaskan mengenai profil LAPAN dan Kedeputian Penginderaan Jauh. Orbita mengatakan bahwa “LAPAN telah mengakuisisi berbagai data citra satelit yang pemanfaatannya meliputi pemantauan sumber daya alam seperti pemantauan fase pertumbuhan padi, zona potensi penangkapan ikan dan perkebungan .Tidak hanya itu, data citra satelit LAPAN juga berperan dalam kebencanaan dalam rangka tanggap darurat bencana gunung meletus, banjir, kebakaran hutan dan lahan”, jelasnya.

LAPAN terus memperluas mitra kerja samanya dalam pemanfaatan data citra satelit untuk meningkatkan potensi kekayaan daerah yang belum terjangkau oleh pemerintah daerah. Dengan adanya MoU ini, sulitnya medan dan pemantauan yang menjadi kendala Pemda dalam memajukan perekonomian daerah otonominya dapat dengan mudah dieksplorasi menggunakan data citra satelit LAPAN. Pemerintah Kabupaten Lebong berharap “Dengan adanya MoU ini pemerintah daerah tidak hanya dapat mengeksplorasi sumber daya alam dengan mudah ada namun juga menjaga kedaulatan daerahnya”.

LAPAN akan terus menjadikan dirinya sebagai pusat unggulan penerbangan dan antariksa di Indonesia yang maju dan mandiri dengan memperkuat mitra strategisnya guna menggapai kemandirian bangsa di bidang teknologi keantariksaaan.


Foto bersama LAPAN dengan Kabupaten Lebong usai penandatanganan MoU