Kunjungi LAPAN, Ombudsman RI Jajaki Kerja Sama Pemanfaataan Teknologi Keantarikaan
Penulis Berita: Humas/RK, Fotografer: Humas/RB, Tanggal: 13 Feb 2019

LAPAN menerima kunjungan Ombudsman RI di Ruang Rapat Manggala, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta (13/2). Kunjungan yang diterima oleh Kepala LAPAN Prof Thomas dan beserta jajarannya membahas mengenai penjajakan kerja sama terkait dengan sengketa lahan khususnya permasalahan pertambangan di Indonesia. 

 Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin mengatakan “ Bahwa LAPAN memiliki Sistem Mitigasi Bencana Alam (SIMBA) dan Sistem Pemantauan Sumber Daya Alam dan Lingkungan ( SIPANDA). Data yang dihasilkan oleh kedua sistem tersebut dapat dijadikan pedoman untuk memantau alih fungsi lahan, perkebunan dan tata letak bagi kementerian/lembaga yang terkait, ujar Prof Thomas.

Dalam pertemuan ini perwakilan Ombudsman RI Dr. Laode Ida memaparkan mengenai permasalahan sengketa lahan, Laode menyampaikan “ Banyaknya aktivitas pertambangan di Kota Bombana baik yang dilakukan secara legal maupun ilegal namun tidak memberikan data luas lahan yang sebenarnya, hal inilah yang menjadikan adanya ketimpangan antara data dan fakta di lapangan.”

Lebih lanjut, ia menjelaskan selama ini Ombudsman menggunakan pemantauan melalui darat dan memiliki keterbatasan sumber daya. Untuk itu diharapkan dengan adanya kerja sama LAPAN dan Ombudsman RI nantinya dapat menghilangkan keterbatasan tersebut dengan teknologi yang dimiliki oleh LAPAN di bidang teknologi penerbangan dan antariksa khususnya pemantauan foto udara dan data penginderaan jauh yang lebih akurat sehingga keadaan lahan pertambangan tersebut sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, jelas Laode.  

Hadir juga dalam pembahasan penjajakan kerja sama ini Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, dan para peneliti serta perekayasa LAPAN.