BPAA LAPAN Pasuruan Lakukan Pengamatan Super Snow Moon
Penulis Berita: humas/BPAA Pasuruan, Fotografer: humas/BPAA Pasuruan, Tanggal: 20 Feb 2019

Super Snow Moon atau yang biasa dikenal dengan Super Moon merupakan fenomena yang terjadi tiap tahun ketika bulan berada pada posisi perigee, yaitu ketika pada lintasannya mengitari bumi, bulan berada pada titik terdekatnya. Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pasuruan (BPAA) LAPAN melakukan pengamatan fenomena ini mulai pukul 20.30-23.00 menggunakan lunt engineering 80 mm F/7 dan mounting azmount pro II yang merupakan jenis teleskop dan kamera yang dimiliki oleh LAPAN Pasuruan.

Cuaca yang kurang mendukung pada awal pengamatan sempat menjadi kendala dalam pengamatan. Bulan yang tertutup awan mengharuskan pengamat menunggu sampai cuaca kembali normal. Tepat di pukul 22.00 WIB pengamatan dapat dilakukan kembali dikarenakan awan yang menghalangi Super Snow Moon mulai menghilang.

Hasil pengamatan menunjukkan ketampakkan piringan bulan terlihat lebih besar dan cahaya yang nampak lebih terang dibandingkan kondisi bulan biasa. Hasil pengamatan ini dapat terlihat lebih jelas jika menggunakan alat – alat pengamatan.