LAPAN Host Rapat Kerja Perpustakaan se-LPNK Ristekdikti
Penulis Berita: Humas/RK, Fotografer: Humas, Tanggal: 20 Feb 2019

LAPAN menjadi host dalam rapat kerja perpustakaan se-LPNK Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) di Ruang Antariksa, Kantor LAPAN Pusat, Rabu (20/02). Acara ini dibuka oleh Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat dan Umum, Christianus R Dewanto dan dihadiri oleh pustakawan dari berbagai perwakilan LPNK antara lain BSN, PDDI-LIPI,BATAN, dan BPPT.

Dalam pemaparannya, Kepala Bagian Humas, Jasyanto menjelaskan mengenai program kegiatan publikasi dan perpustakaan di LAPAN yang memiliki program rutin seperti penerbitan Majalah Sains Teknologi Dirgantara (MSTD), Buletin LAPAN, Berita Dirgantara, Media Dirgantara serta pengelolaan media non ilmiah. Untuk pengelolaan dan pelayanan kepustakaan terdapat kegiatan repositori KCKR LAPAN, penyusunan bibliografi KCKR muatan Lokal, dan pemasyarakatan perpustakaan.

“LAPAN telah melakukan pengembangkan repository hasil litbang yang didalamnya terdapat kegiatan proses pengelolaan repositori hasil litbang LAPAN (inventarisasi kebutuhan, input data dan alih media)”, ujar Jasyanto. Lebih lanjut ia mengatakan perpustakaan di LAPAN juga mengadakan kegiatan seperti seminar, bedah buku, dan talkshow agar peneliti dapat mempresentasikan hasil penelitiannya dan nantinya akan dapat meningkatkan kompetensinya.

Sementara itu, perwakilan dari BSN, Minandudin menyampaikan Forum Perpustakaan LPNK Ristek ini terbentuk pada 2 Oktober 2014 yang bertujua untuk sarana/wadah untuk membina komunikasi dan kerjasama perpustakaan di lingkungan LPNK. “Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan antara lain pertemuan rutin setiap triwulan, seminar dan knowledge sharingkepustakawanan”,jelasnya.

Dalam kegiatan ini terdapat poin – point yang menjadi sorotan diantaranya pembenahan struktur organisasi, regenarasi kepengurusan, prosiding makalah hasil seminar dan knowledge sharing, dan pengelola kompetensi pustakawan.