Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1440 H Jatuh Pada Senin, 6 Mei 2019
Penulis Berita: nhkurniawan, Fotografer: , Tanggal: 05 May 2019

Jakarta, bimasislam --- Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1440H/2019M jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Penetapan ini berdasarkan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Minggu (05/05).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, berdasarkan hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan ditetapkan pada hari Senin, 6 Mei 2019,” ujar Menag setelah mendengar pandangan dari MUI dan pimpinan ormas Islam yang hadir pada Sidang Isbat tersebut menyepakati untuk bulan Sya’ban menjadi 29 hari sehingga tanggal 1 Ramadan 1439H jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019.

“Selamat memasuki bulan Ramadan, mudah-mudahan kualitas puasa dan ibadah kita di bulan suci ini semakin meningkat,” ujar Menag.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim dalam laporan hasil rukyat awal Ramadan menyampaikan, dari 102 titik pantau hilal, terdapat 9 titik pantau yang mampu melihat hilal, adapun ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada di atas 4 derajat.

Hadir mendampingi Menag, Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH. Abdullah Jaidi, dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher.

Ikut mendampingi pada sidang Isbat ini, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar. Hadir pula Duta Besar negara sahabat, utusan dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.






Sumber : https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/pemerintah-tetapkan-1-ramadan-1440-h-jatuh-pada-senin-6-mei-2019