Malam Ini Planet Jupiter Lebih Terang, Bisa Lihat 4 Satelit Raksasa
Penulis Berita: Amal Nur Ngazis, Fotografer: , Tanggal: 10 Jun 2019

VIVA – Bagi kamu penikmat langit malam, ada kabar bagus. Planet Jupiter akan tampak lebih terang pada Senin malam 10 Juni 2019.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN mengungkapkan, Senin malam ini, posisi Jupiter akan berada titik terdekat ke Bumi. Dengan demikian wajah planet raksasa ini akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari. Fenomena ini disebut Oposisi Jupiter yang terjadi tiap 13 bulan sekali.

"Saat ini planet tersebut akan lebih tampak lebih terang dibandingkan dengan pada waktu-waktu lain," tulis LAPAN dalam unggahan di akun media sosialnya dikutip Senin 10 Juni 2019.

LAPAN menjelaskan, untuk pengamatan yang maksimal yakni menggunakan alat teleskop kecil atau binokular. Dengan bantuan alat tersebut, pengamat berpotensi melihat pita-pita pada atmosfer Jupiter.

Selain melihat Jupiter dengan lebih terang, pengamat bisa melihat empat satelit besar Jupiter. Planet Jupiter memiliki total 67 satelit alami, dan empat satelit besar atau Galilean yakni Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

LAPAN memberikan petunjuk, awal terbit Oposisi Jupiter yakni pukul 17.38 WIB, puncak atau kulminasi fenomena ini pada pukul 23.50 WIB dan Jupiter terbenam pada pukul 06.08 WIB.

Untuk kamu yang bingung menentukan titik Jupiter, LAPAN memberikan panduan, Jupiter bisa ditemukan sedikit di bawah rasi Scorpius, atau untuk posisi timur tenggara langit malam.







sumber : https://www.viva.co.id/digital/teknopedia/1155840-malam-ini-planet-jupiter-lebih-terang-bisa-lihat-4-satelit-raksasa