Uji Fungsi Menuju Puncak Acara Komurindo - Kombat 2019
Penulis Berita: Humas/And, Fotografer: Humas/Itto, Tanggal: 24 Aug 2019

Sabtu (24/08), acara puncak hari pertama penyelenggaraan Komurindo Kombat 2019 telah berlangsung dengan lancar. Meski cuaca mendung disertai gerimis, namun tidak menunda proses pelaksanaan kompetisi tersebut. Pada pelaksanaan kali ini, kegiatan diadakan di Gedung Integrasi dan tanah lapang di lingkungan Ruang Kontrol Pengujian Roket LAPAN, Garut, Jawa Barat.

Di Gedung integrasi, para peserta Komurindo dan Kombat mengikuti penilaian Tim Juri untuk mengukur dimensi, berat, dan pengujian kinerja radio. Hasil dari tahapan pengecekan tersebut, jika memenuhi syarat perlombaan yang sudah ditentukan, maka akan dilanjutkan menuju uji fungsi. Karena uji fungsi dilakukan untuk menguji sistem perangkat pengirim dan penerima dari muatan peserta, maka diperlukan area yang cukup luas, yaitu di lapangan belakang Ruang Kontrol Pengujian Roket.

Menurut salah satu Juri, Endra Pitowarno, seluruh peserta sangat antusias mengikuti tahapan demi tahapan kompetisi. Segar dan semangat! Itu yang saya rasakan. Mudah-mudahan para peserta bisa memanfaatkan kesempatan untuk belajar dan makin meningkatkan pengetahuan dan wawasannya di dalam menentukan ide dan gagasan yang kreatif untuk membuat suatu muatan, jelasnya.

Sementara, Pendamping Juri, Atik Bintoro mengatakan, terjadi peningkatan hasil yang lebih berkualitas disbanding pelaksanaan kompetisi pada periode sebelumnya. Senada dengan salah satu Tim Juri, Herma Yudhi, Atik berharap, di dalam momentum kegiatan kali ini, terjalin kerja sama, terutama untuk melakukan riset bersama di antara para peneliti dan mahasiswa.

Ketua Panitia, Christianus R. Dewanto berharap, selalu ada peningkatan pengetahuan dan wawasan dari period eke periode. Kegiatan ini diselenggarakan LAPAN dengan tujuan untuk meningkatkan awareness generasi muda di bidang penerbangan dan antariksa. Saya ingin, mereka sebagai generasi muda bisa bersatu membuat suatu karya yang sangat bermanfaat untuk bangsa dan negara, jelasnya.

Secara teknis, Wakil Ketua, Jasyanto menjelaskan tahapan-tahapan yang dilaksanakan pada hari pertama acara puncak Komurindo Kombat 2019. Ia juga mengingatkan agar peserta mempersiapkan diri dengan baik untuk pelaksanaan uji terbang yang akan berlangsung esok hari.