Mahasiswa ITP Termotivasi Tekuni Penginderaan Jauh
Penulis Berita: Humas/ZK, Fotografer: Humas/Meg, Tanggal: 05 May 2014

Sebanyak 36 mahasiswa dan lima dosen pembimbing Institut Teknologi Padang (ITP) mengunjungi Kedeputian Penginderaan Jauh Lapan di Pekayon, Jakarta, Senin (5/5). Kunjungan dalam rangka edukasi keantariksaan bertema Implementasi Teknologi Penginderaan Jauh Mendukung Program Pembangunan Nasional, Pelestarian Lingkungan, dan Mitigasi Bencana dikemas dalam bentuk dialog interaktif.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan pelajaran baru bagi mahasiswa ITP Jurusan Geodesi. Sementara itu, perwakilan ITP menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui tentang teknologi penginderaan jauh dan kemajuan teknologi antariksa yang dikembangkan oleh Lapan.

Diskusi interaktif dalam kunjungan mahasiswa tersebut menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Lapan, Rubini Jusuf, dan peneliti senior Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Atik Bintoro.

Rubini menyampaikan mengenai penguasaan dan pemanfaatan teknologi satelit penginderaan jauh yang tertuang dalam Undang-Undang No. 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Ia memaparkan mengenai citra satelit penginderaan jauh, resolusi rendah, resolusi menengah dan resolusi tinggi. Lebih lanjut, ia menjelaskan tentang pemanfaatan berbagai satelit yang dapat diterima stasiun Lapan antara lain, satelit Terra/Aqua/NPP, satelit Landsat 7 dan 8, satelit NOAA 18 dan 19, Mitsat 18, serta satelit Spot 5 dan 6. Data satelit tersebut dianalisis secara spasial, faktual, dan aktual. Data satelit tersebut dapat digunakan untuk pemantauan bencana Tsunami, gempa bumi, banjir, kebakaran hutan dan monitor wilayah pembangunan. Sementara itu, Atik Bintoro membahas mengenai kemampuan dan kegunaan pesawat LSU Lapan dan Pesawat N219.

Usai pemaparan materi dari para narasumber, mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya maupun mengekspresikan kesan dan pesan mereka selama mengikuti acara diskusi interaktif. Kegiatan ini ditutup dengan kunjungan ke Data Center Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh serta Sistem Informasi dan Mitigasi Bencana Alam (SIMBA) Center di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lapan.