Ibnu Hajar Boarding School Belajar Teknologi Penerbangan di LAPAN
Penulis Berita: humas/rr, Fotografer: humas/pustekbang, Tanggal: 24 Oct 2019

Pusat Teknologi Penerbangan, Rumpin, Kamis (24/10) menerima kunjungan edukasi dari Ibnu Hajar Boarding School. Sebanyak 128 siswi dari SMP dan SMA dan 6 guru pendamping ini ingin belajar mengenai keterkaitan dan penerapan teknologi dan sains dalam kehidupan sehari-hari. 

Tri Widodo selaku staf diseminiasi Pustekbang saat memberikan sambutannya mengatakan “LAPAN memiliki program layanan edukasi keantariksaan yang memberikan kesempatan bagi siswa dan mahasiswa yang tertarik untuk melakukan kunjungan, magang, praktik kerja lapangan dan penelitian di 21 satuan kerja LAPAN”. 

Lebih lanjut Tri Widodo juga mengenalkan program besar Pusat Teknologi Penerbangan yakni program pengembangan pesawat transport nasional N219 bekerja sama dengan PTDI yang sudah dalam proses sertifikasi oleh Kementrian Perhubungan. Kemudian Program Maritim Surveilence System (MMS) salah satunya untuk membantu keamanan maritim di Indonesia seperti pencurian ikan.

Sementara itu, perwakilan guru yaitu Ibu Zahrotul Aiana berharap agar para murid yang hadir untuk berusaha mencari sebanyak-banyaknya ilmu di luar sekolah dan manfaatkan waktu untuk membuka wawasan untuk pengetahuan terutama bidang penerbangan dan antariksa.

Dalam kunjungan ini mereka juga mendapatkan bekal pengetahuan mengenai teknologi penerbangan dari Angga Septiyana, Peneliti Pertama Pustekbang yang menjelaskan profil LAPAN secara umum dan hasil capaian LAPAN selama ini seperti pesawat N219, satelit LAPAN-A3/ LAPAN IPB, LSU yang mendapat rekor MURI,dan LSA. Angga juga memberikan ilmunya mengenai sistem kerja pesawat terbang.

Para siswi ini semakin antusias ketika diakhir sesi mereka diajak ke berbagai fasilitas yang ada di lingkungan Pustekbang seperti laboratorium aerostruktur, manufaktur, gedung bola dan pusat gedung arsip yang menyimpan seluruh dokumen dan hasil capaian LAPAN.