Roadshow Goes To School, Siswa-siswi Belajar Komunikasi via Satelit
Penulis Berita: humas/rr, Fotografer: humas, Tanggal: 26 Oct 2019

LAPAN gelar roadshow goes to school ke SMAN 106 Jakarta, Sabtu (26/10). Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi keantariksaan LAPAN dalam mengenalkan dan menumbuh kembangkan kecintaan generasi muda terhadap dunia sains dan teknologi keantariksaan. Kegiatan ini juga diikuti oleh siswa dan guru pendamping dari beberapa sekolah lainnya seperti SMAN 105, SMAN 99 dan SMAN 64. 
 
Dedi Supriadi selaku Wakil Kepala Sekolah SMAN 106 Bidang Kesiswaan, mengapresiasi adanya kegiatan edukasi ini, Ia berterima kasih kepada LAPAN yang telah mempercayai SMAN 106 menjadi tuan rumah kegiatan ini. “Para Siswa harus dapat mengambil dari adanya program edukasi LAPAN ini khususnya yang berkaitan dengan teknologi”, ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Edukasi, Unggul Satrio dalam sambutannya mengingatkan kembali kutipan ucapan yang disampaikan Alm. BJ Habibie perihal mengatasi permasalahan bangsa. Kutipan tersebut adalah “Kita sebagai generasi muda harus dapat menguasai ilmu dan teknologi, karena ditangan Kalian Indonesia akan menjadi maju”. Unggul juga menjelaskan bahwa program edukasi keantariksaan ini agar para generasi muda semakin mencintai dunia penerbangan dan antariksa.

Dalam kegiatan ini, para Siswa diberikan materi mengenai capaian hasil litbangyasa LAPAN oleh Sonny Dwi Harsono, Peneliti Pusat Teknologi Satelit yang menjelaskan keunggulan satelit LAPAN yang sudah diluncurkan, baik satelit LAPAN A1- Tubsat, LAPAN A2- ORARI dan LAPAN A3- IPB. Sonny menceritakan pemanfaatan satelit-satelit LAPAN tersebut yang pernah digunakan sebagai alat komunikasi saat terjadi bencana di Donggala, Palu.

Kemudian Sonny juga mengajak para Siswa untuk memahami teori dasar komunikasi satelit, praktikum pembuatan antenna dan praktik berkomunikasi via satelit LAPAN A2/ORARI. Dalam praktik ini Siswa dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan sekolahnya masing-masing, SMAN 105 keluar menjadi pemenang karena mampu berkomunikasi dengan satelit Jepang dengan call sign yang dapat didengar melalui radio genggam.

Kepala Bagian Humas, Jasyanto saat menutup rangkaian acara ini mengajak para Siswa agar juga berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan edukasi lainnya baik kompetisi nasional maupun internasional seperti kompetisi roket air yang pemenangnya pada tahun ini akan diberangkatkan ke Jepang dalam acara Asia Pasific Regional Space Agency Forum (APRSAF).