LAPAN BERSAMA PT.DI KEMBANGKAN N219
Penulis Berita: mhd, Fotografer: , Tanggal: 09 May 2014

Jakarta, 9/5/2014 (Kominfonewscenter) – Indikator kekuatan suatu bangsa dapat dilihat dari penguasaan teknologi informasi dan teknologi keantariksaan, sementara bangsa yang masih bergantung pada pihak lain berada pada posisi yang sangat lemah.

Demikian dikemukakan Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)
Prof.Dr.Thomas Djamaluddin pada penandatanganan kerjasama Sains dan Teknologi Lapan
dengan tujuh Perguruan Tinggi di Indonesia, di Kantor Pusat Lapan Jakarta, Kamis (8/5)

“Hal yang tidak terkait langsung dengan keantariksaan tetapi ini juga sangat penting
mendukung keantariksaan itu adalah teknologi penerbangan”, kata Thomas

Thomas mengemukakan terkait industri keantariksaan, Lapan mendapat amanat dalam
peraturan presiden untuk melakukan litbang (penelitian dan pengembangan) industri pesawat terbang. “Sekarang sedang dipacu mengembangkan N219 besama dengan PT DI”, ujar Thomas.

Thomas menambahkan pengembangan N219 bersama PT DI (PT Dirgantara Indonesia)
sebagai salah satu cara membangun kompetensi SDM sehingga bersama-sama Lapan
maupun PTDI serta instansi lain terkait mampu mengembalikan kepercayaan diri setelah N250.

Menurut Thomas komponen pengembangan N219 direncanakan 60% bermuatan lokal dan hanya tiga komponen impor.

Peningkatan sinergi dan kolaborasi riset Lapan dengan tujuh perguruan tinggi tersebut masing-masing dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Telkom University Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Surya University Tangerang.

Kerjasama tersebut mencakup enam naskah nota kesepahaman bersama antara Lapan dengan Unpad, UGM, Undana, Telkom University, Surya University dan PENS serta tiga naskah Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Lapan dengan Unpad, Undip dan Undana

Kerjasama tersebut bertujuan membangun dan memperkuat jejaring kemitraan, meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas riset guna menghasilkan inovasi teknologi yang dapat mengatasi masalah aktual dalam pembangunan.

Undana bersinergi dengan Lapan dalam pemanfaatan sains antariksa di wilayah Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya, Undip bersinergi dengan Lapan dalam pemanfaatan teknologi satelit, Unpad bekerjasama dengan Lapan dalam penelitian, pendidikan dan pemanfaatan Iptek kedirgantaraan. (mhd)

Sumber :
http://kominfonewscenter.com/index.php?view=article&catid=36:nasional-khusus&id=3745:lapan-bersama-ptdi-kembangkan-n219&format=pdf